BERITA
Trending

Dukung SDGs, Grup MIND ID Konsisten Gandeng Universitas Kembangkan Riset dan Inovasi

Dalam upaya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), BUMN Holding Industri Pertambangan (MIND ID) konsisten menjalin kemitraan dengan universitas di Indonesia. Kolaborasi dengan institusi pendidikan ini diharap dapat semakin memperkuat bidang riset dan inovasi di industri pertambangan, sehingga sesuai dengan semangat keberlanjutan bisnis perusahaan termasuk aspek Environment, Social, dan Governance (ESG).

Sekretaris MIND ID, Heri Yusuf menyampaikan riset dan pengembangan industri pertambangan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya kemitraan ini sangat bermanfaat bagi kami termasuk bagi univeritas. Kami membuka seluas-luasnya kerja sama dengan institusi pendidikan, khususnya dalam upaya bersama memberi nilai tambah pada industri pertambangan Indonesia,” katanya.

Heri memaparkan, pada tahun ini kampus-kampus yang telah menjalin kerja sama riset dengan MIND ID antara lain Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Pusat Studi Rendah Karbon Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia.

Kolaborasi dengan Tim Peneliti UNS dilakukan Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) untuk melahirkan ide-ide inovatif yang memperhatikan dampak sosial dan lingkungan yang positif melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bahkan, PT ANTAM dan Tim Peneliti FH UNS telah menyusun strategi inovatif dalam pengolahan limbah pertambangan emas berbasis eco-innovation dengan tujuan menciptakan bisnis ramah lingkungan di Pulau Jawa.

“Kami mengawali kegiatan ini dengan diskusi kelompok pada tanggal 12 Mei lalu. Diskusi ini merupakan kelanjutan dari proposal tim peneliti FH UNS yang didukung oleh PT Antam dan MIND ID,” ungkap Andina Elok Puri Maharani, Ketua Tim Peneliti FH UNS.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Bukit Asam berkolaborasi dengan FT UGM. Pada 25 April 2024, rombongan FT UGM mengunjungi area tambang IUP di Bangko Tengah, di Banko Barat, serta pabrik Briket Bukit Asam untuk berkolaborasi memperkuat SDGs, utamanya SDGs-17 tentang kemitraan.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Grup MIND ID lainnya juga menjalin kerja sama dengan Pusat Studi Rendah Karbon USM Indonesia setelah penandatangan nota kesepakatan tentang pengolahan limbah untuk menjadi produk bermanfaat. PT Inalum dan USM Indonesia sepakat untuk melakukan riset tentang limbah pertambangan agar tidak mencemari lingkungan.

Artikel Terkait

Back to top button