CSR
Trending

Erick Thohir Berhentikan Dirut Garuda Ari Askhara

Buntut penyelundupan moge Harley Davidson dan sepeda Brompton via pesawat Garuda tipe Airbus A330-900 Neo  berujung pada sikap Menteri BUMN Erick Thohir yang segera memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Askhara. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan Komite Audit.

“Saya sebagai Menteri BUMN akan memberhentikan Dirut Garuda. Dari laporan yg didapat, komite audit menyebutkan bahwa harley diduga milik pejabat Garuda berinisial AA,” ujar Erick dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12).

Berdasarkan laporan komite audit yang dilakukan oleh pihak bea cukai, terungkap bahwa pembelian komponen Harley-Davidson merupakan pesanan Ari melalui pegawainya. Ari memerintah untuk mencarikan sepeda motor Harley-Davidson sejak 2018 lalu.

Transaksi pembelian moge tersebut dilakukan pada April 2019 melalui rekening pribadi yang ditransfer ke Amsterdam. Hingga akhirnya motor dibawa ke Indonesia atas nama salah satu pegawainya yang berinisial SAS pada penerbangan Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus A330-900 pada 17 November 2019 lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani membeberkan kerugian negara yang diakibatkan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton yang diangkut menggunakan pesawat baru Garuda Indonesia itu berkisar antara Rp532 juta sampai Rp1,5 miliar.

“Perkiraan harga motor Harley antara Rp200 juta sampai dengan Rp 800 juta per unit. Sedangka nilai sepeda 50-60 juta per unit, ada yang bilang lebih,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, mengungkapkan kasus tersebut merupakan upaya mengelabui petugas meskipun pelaku telah berupaya melakukan penyamaran. “Moge ini adalah moge bekas yang dari sisi aturan pun jelas tidak bisa diimpor. Kalau mereka sudah tahu harusnya mereka tidak memutilasi, itupun simpannya di cargo, bukan di cabin,” ungkapnya.

Erick mengungkapkan, semua harus dilaksanakan secara prosedural, apalagi menyangkut pelanggaran good coorporate governance. Pemberhentian Ari Askhara akan mengikuti prosedural RUPS perusahaan terbuka.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close