BERITA

Fokus Kembangkan Bisnis Digital, Pengguna Mobile Banking BNI Tumbuh 26,1 Persen

Bumntrack.co.id. Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI mengembangkan bisnis perbankan melalui penguatan sektor digital untuk memberi kemudahan transaksi kepada nasabah melalui tiga Product Champion yaitu BNI Mobile Banking, BNIDirect, dan BNI Xpora.

“Jumlah user BNI Mobile Banking di sepanjang tahun 2022 yang mencapai 13,6 juta, tumbuh 26,1 persen year on year (YoY), yang diikuti dengan jumlah transaksi mencapai 597 juta atau tumbuh 37,6 persen YoY,” kata Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo di Jakarta, Kamis (2/2/23).

Perseroan juga memiliki platform BNIDirect untuk menunjang transaksi bisnis nasabah institusi secara digital. Tercatat jumlah user BNIDirect tumbuh 24,9 persen YoY menjadi 100.000 user di sepanjang tahun 2022, dengan jumlah transaksi yang juga meningkat 18,4 persen YoY atau mencapai 764 juta transaksi.

Sementara melalui BNI Xpora, total kredit ekspor telah menembus Rp26,72 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp19,05 triliun. Volume trade ekspor tercatat Rp66,21 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp24,36 triliun.

“Kami terus memperkuat struktur manajemen perseroan untuk bertransformasi ke arah digitalisasi yang mumpuni agar bisa memberi solusi finansial bagi nasabah,” ujarnya.

Sejalan dengan agenda transformasi BNI melakukan pengembangan tiga Product Champion telah mendorong penguatan bisnis transaksi ritel dan institusi sekaligus memperkuat solusi perbankan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Global.

Di sisi ritel, BNI Mobile Banking memiliki beragam fasilitas yang memudahkan transaksi nasabah seperti Transfer, e-Wallet, Pembayaran, Pembelian, Investasi, Digital Loan, Mobile Tunai, dan masih banyak lagi. Nasabah BNI mulai mengubah pola transaksinya dari platform konvensional ke platform digital. Hal ini sejalan dengan strategi BNI untuk menjadikan BNI Mobile Banking sebagai One Stop Financial Solutions bagi nasabah.

BNI juga memiliki BNIDirect untuk menunjang transaksi bisnis nasabah dan debitur insititusi secara digital untuk memenuhi semua kebutuhan klien dalam satu portal terintegrasi.

Selain itu, BNI Xpora ditujukan untuk pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. BNI Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar khususnya ekspor.

Melalui BNI Xpora ini, UMKM bisa mendapatkan pemberdayaan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas produksi edukasi penyusunan laporan keuangan. Yang tidak kalah penting yakni dukungan perluasan pemasaran produk melalui business match-making dengan buyer di pasar global.

Ke depan perseroan akan melanjutkan fokus dalam pengembangan digitalisasi untuk mempermudah transaksi nasabah baik perorangan maupun institusi. “Arah ke depan kita lebih fokus untuk penguatan digital, dalam hal ini layanan yang lebih baik kepada nasabah,” jelasnya.

Artikel Terkait

Back to top button