BERITA
Trending

Gerai McDonald’s Bersejarah Tutup, Ini Penjelasan Dirut Sarinah


Pengalaman seru bercengkrama di McDonald’s Sarinah nampaknya akan tinggal menjadi kenangan. Pasalnya, setelah menempati salah satu sudut pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin, Jakarta sekaligus menjadi salah satu ikon bersejarah di Jakarta selama hampir 30 tahun, McDonald’s Indonesia terpaksa harus menutup restoran pertamanya di Indonesia tersebut.

Hal ini dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang diterima oleh manajemen McDonald’s Indonesia pada Jumat, 1 Mei 2020. Menindaklanjutinya, secara resmi, McDonald’s akan menutup restoran di Sarinah Thamrin secara permanen pada Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana. Bagi kami, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia,” kata Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia dalam keterangannya, Kamis (7/5/2020).

“Namun bagi jutaan konsumen McDonald’s yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan. Banyak konsumen kami yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald’s di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa buka suara. Menurutnya, saat ini Sarinah sedang melakukan program transformasi bisnis dalam upaya meremajakan konsep dan model bisnis Sarinah. Salah satunya, adalah melalui renovasi gedung.

“Salah satu bentuk transformasi Sarinah adalah dengan melakukan renovasi Gedung Sarinah Thamrin yang merupakan salah satu ikon atau gedung bersejarah bagi masyarakat Jakarta khususnya, maupun bagi masyarakat Indonesia. Gedung Sarinah adalah warisan tak ternilai dari Bapak Proklamator kita, Presiden Ir. Soekarno, sebagai Departemen Store pertama di tanah air,” ungkap Ngurah melalui pesan singkat kepada bumntrack.co.id, Jumat (8/5).

Menurutnya, proses renovasi Gedung Sarinah akan dimulai pada bulan Juni 2020 setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan akan memakan waktu beberapa bulan ke depan. “Kami mengkomunikasikan program renovasi gedung ini kepada para mitra usaha atau tenan Sarinah yang selama proses renovasi akan terdampak, dan kami memohon kepada para tenan untuk sementara waktu menutup usahanya di Sarinah,” jelasnya

Setelah renovasi selesai, imbuh Ngurah, para tenan yang saat ini ada di Sarinah akan diprioritaskan untuk kembali bergabung berusaha di Sarinah. “Semoga ke depan kita kembali memiliki ikon ritel kebanggaan bangsa Indonesia karena Sarinah adalah The Window of Indonesia,” pungkasnya.

Sebagai informasi, McDonald’s pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991 dan menjadi restoran McDonald’s pertama di Indonesia. Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada tahun 2009, McDonald’s berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011 melalui proses tender. Dengan ditutupnya restoran McDonald’s Sarinah Thamrin ini, McDonald’s memastikan seluruh karyawan yang selama ini bekerja di restoran tersebut akan tetap mempertahankan pekerjaannya dan direlokasi ke berbagai restoran McDonald’s lainnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close