BERITA

Go to Brunei Darussalam, Pegadaian Ajak UMKM Binaan Pameran di Kancah Global

Pameran UMKM Pegadaian di Brunei Darussalam (Foto: Pegadaian)

Jakarta, BUMN TRACK – PT Pegadaian didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan (KBRI BSB) membawa UMKM pilihan dalam Kegiatan Indonesia Halal Expo, Consumer Fair yang digelar dari 26 Juni hingga 30 Juni 2024 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Pada acara tersebut berbagai produk dipamerkan, diantaranya makanan dan minuman khas daerah Indonesia, obat-obatan, kosmetik, serta pakaian Muslim karya perancang busana Tanah Air.

Selain PT Pegadaian, Asosiasi pengusaha Indonesia di Brunei (Indonesia Business Chamber/IBC) dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI) turut berpartisipasi dalam pameran tersebut. Sementara itu, Pegadaian membawa Mitra Binaan Pilihan hasil kurasi Program pemberdayaan UMKM Pegadaian atau yang dikenal dengan program GadePreneur. Produk mitra binaan yang dipamerkan adalah Produk hasil kurasi dari UMKM Fashion dan UMKM Makanan.

Selain kegiatan pameran yang berlangsung selama 5 hari, PT Pegadaian juga berkunjung ke Jamuan Makan Malam yang diadakan oleh KBRI BSB pada hari ke-2 yang dilaksanakan di Hotel Rizqun Brunei. Jamuan ini menjadi sarana PT Pegadaian untuk menjalin hubungan dan menggali kesempatan bisnis di Brunei Darussalam.

PT Pegadaian mengikuti panel diskusi yang dihadiri langsung oleh Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Brunei dan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BKSAP DPR RI), Dr. H. Fadli Zon, SS, M.Sc. serta perwakilan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengungkapkan harapannya agar kegiatan tersebut dapat membuka pintu bagi UMKM untuk memasuki pasar halal global dan baik kelas.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus mendukung UMKM naik kelas. Harapannya melalui kegiatan ini, UMKM khususnya UMKM Binaan PT Pegadaian dapat terpacu agar dapat memanfaatkan pasar halal global dalam meningkatkan penjualan dan daya saing merek lokal ke tingkat internasional,” ungkap Damar di Jakarta, Minggu (30/6/24)

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini Pegadaian juga berupaya untuk mempromosikan UMKM di Indonesia dalam rangka mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan pertumbuhan Ekonomi, sehingga, UMKM binaan Pegadaian diharapkan dapat berpartisipasi dan bersaing di pasar Halal Global khususnya di Asia Tenggara, hingga mendunia.

Artikel Terkait

Back to top button