BERITA

H-15 Hingga H+7 Lebaran, Pelindo Regional 3 Layani 275.000 Pemudik

Jakarta,, Bumntrack.co.id – Pelonggaran aturan kegiatan mudik lebaran 2022 memberikan dampak yang cukup signifikan pada peningkatan jumlah arus penumpang di wilayah Pelindo Regional 3. Sejak 15 hari sebelum lebaran (H-15) hingga 7 Hari Setelah lebaran (H+7) PT Pelabuhan Indoenesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mencatat peningkatan arus penumpang kedatangan maupun keberangkatan di sejumlah terminal penumpang mencapai Lebih adri 275 ribu orang meningkat 4 kali lipat atau 410 % dibanding lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 53.186 orang.

Meskipun mengalami peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, namun hal tersebut tak lantas menurunkan kualitas layanan Pelindo Regional 3 dalam menjamin kelancaran dan kenyamanan para pemudik jalur laut pada moment arus mudik di 20 terminal penumpang kelolaannya. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (07/05).

Dalam kunjunganya, Menhub Budi menyebutkan bahwa diijinkannya kembali kegiatan mudik disambut sangat antusias oleh masyarakat terbukti degan peningkatan jumlah pemudik jalur laut yan meningkat 4 kali lipat dari tahun sebelumnya.

Menhub juga mengapresiasi atas kesiapan dan kesigapan sejumlah pihak terutama Pelindo sebagai operator pelabuhan yang telah mengantisipasi lonjakan signifikan pemudik tersebut dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak dan menyiapkan segala sarana dan prasarana di terminalnya sehingga para pemudik bisa terlayani dengan baik.

“Seluruh penumpang merasa sangat nyaman dalam mudik melalui jalur laut ini baik di selama perjalanan didalam kapal maupun di terminal dan pelabuhan. Terimakasih saya ucapakan kepada seluruh pihak yang telah berkoordinasi menyiapkan segala sesuatunya hingga berjalan lancar” Jelas Menhub, Budi Karya Sumadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (10/5/22).

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini didominasi terjadi di beberapa terminal penumpang utama dibawah pengelolaan Pelindo Regional 3, diantaranya adalah terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas

Pihaknya memprediksi, peningkatan penumpang ini dipicu karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan oleh pemerintah. Meskipun begitu, pihaknya telah mengantisipasi dengan berkordinasi berbagai pihak seperti kepolisian dan KSOP setempat menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

“Sejumlah terminal kita mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan bahkan pada 7 hari setelah lebaran ini arus penumpang naik 4 kali Lipat di banding lebaran tahun lalu. Jumlah ini pun di prediksi akan terus naik menjelang lebaran”. Ujar Regional Head 3 Ardhy Wahyu Basuki.

Sebelumnya dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 teminal penumpang dibawah kelolaannya. Hal tersebut guna menunjang kelancaran arus mudik 2022.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Artikel Terkait

Back to top button