Hadapi Nataru, Garuda Indonesia Tambah 2.495 Extra Seat
Jakarta, Bumntrack.co.id – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Garuda Indonesia memperkuat layanan operasional sejalan dengan proyeksi lonjakan penumpang yang diperkirakan akan berlangsung dari tanggal 20 Desember 2019 – 6 Januari 2020.
“Peningkatan layanan dan operasional tersebut dilaksanakan secara menyeluruh dari segala sisi baik memastikan kesiapan SDM, armada, infrastruktur dan layanan darat dan aspek lainnya,” kata Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah di Jakarta, Selasa (26/11).
Upaya persiapan tersebut dilaksanakan di seluruh layanan touch points Garuda Indonesia baik mulai pre journey hingga post journey untuk memastikan komitmen service excellence tersampaikan dengan baik kepada penumpang.
“Memasuki periode peak season nanti, Garuda Indonesia terus memaksimalkan seluruh aspek lini operasional dari berbagai unit kerja yang bertugas stand by selama periode peak season ini, sehingga kami harapkan semua aspek dalam operasional penerbangan dapat selalu termonitor dan terantisipasi dengan baik,” jelasnya.
Pikri menambahkan bahwa Garuda Indonesia juga telah mempersiapkan posko operasional 24 jam yang akan mendukung kelancaran layanan penerbangan Garuda Indonesia selama periode peak season Natal 2019 dan tahun baru 2020 tersebut.
“Sementara itu, untuk mengantisipasi permintaan pasar pada periode peak season tersebut, hingga saat ini Garuda Indonesia telah menyiapkan sedikitnya 2.495 kursi tambahan (extra seat). Penambahan kapasitas tersebut kami lakukan baik melalui pengoperasian armada dengan kapasitas yang lebih besar (bigger aircraft) maupun melalui penambahan jadwal penerbangan (extra flight),” jelasnya.
Garuda Indonesia akan terus memonitor permintaan pasar dan menyesuaikan penambahan kapasitas penerbangan tersebut dengan permintaan pasar. Sehubungan dengan periode musim libur hari raya Natal 2019 dan tahun baru 2020 tersebut, maka untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang, Garuda Indonesia mengimbau penumpang untuk merencanakan perjalanan sedini mungkin.
“Kami mengimbau kepada para penumpang Garuda Indonesia untuk menggunakan fasililitas “City Check-in” di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas “Web Check-in”, guna menghindari antrean panjang di konter check-in bandara. Selain itu juga perlunya penumpang berangkat lebih awal guna menggindari kemactean di jalan dan keterlambatan tiba di bandara,” tutup Pikri.
Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah melaksanakan penambahan kapasitas di berbagai destinasi domestik utama seperti Denpasar, Surabaya, Manado, Makassar dan destinasi lainnya. Penambahan kapasitas tersebut dilaksanakan dengan mengoperasikan armada “wide body” di kota-kota tersebut untuk memaksimalkan jumlah penumpang yang dapat diangkut.