BERITACSR

Hari Ibu, WIKA Dukung Peran Wanita dalam Peningkatan UMK

Jakarta, Bumntrack.co.id – Memperingati Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, PT Wijaya karya (Persero) Tbk. (WIKA) melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melaksanakan sejumlah rangkaian acara dalam rangka pemberdayaan perempuan. Bersama Ikatan Ibu-Ibu Wijaya Karya (IIWIKA), TJSL WIKA mendukung peran perempuan di wilayah Jawa Tengah melalui serangkaian acara, di antaranya seminar “Peran Ibu sebagai Pendorong Suami dan Keluarga Sukses” oleh Riza Perdana Kusuma selaku Business and Service Advisor, pemberian fasilitas mesin jahit bagi Komunitas Penjahit Ibu Difabel, hingga pemberian fasilitas usaha dan pelatihan pengolahan ikan bagi pemilik usaha di area Pantai Gesing, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Program tersebut dipilih TJSL WIKA guna meningkatkan nilai tambah pada Usaha Menengah dan Kecil (UMK) milik warga, serta mengembangkan potensi para wanita dalam mendukung perekonomian keluarga maupun wilayah, terutama dalam pemulihan pandemi Covid-19. Dian Agung Budi Waskito selaku Ketua IIWIKA mengungkapkan program pelatihan pengolahan ikan di sekitar Pantai Gesing, Yogyakarta akan tepat melihat sebagian besar mata pencaharian warga setempat adalah nelayan dan potensi pariwisata di wilayah tersebut.

“Bekerja sama dengan Hotel Grand Inna Malioboro, pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan warga pemilik usaha dalam mengolah hasil tangkapan, sehingga akan berdampak pada peningkatan penjualan yang akan menghidupkan perekonomian dan pariwisata di wilayah Pantai Gesing,” harap Dian Agung Budi Waskito selaku Ketua IIWIKA dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (23/12).

Salah satu warga penerima bantuan, Muryanti dari Kelompok Pengolah dan Pemasar mengaku senang dan mengapresiasi program TJSL dan IIWIKA yang dilakukan bagi pengembangan usaha di wilayah mereka. “Kami dari para perintis usaha di Pantai Gesing mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan bimbingannya dalam hal pengolahan ikan ini. Semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat bagi usaha kami ke depannya,” ungkap Muryanti.

Selain itu, TJSL WIKA bekerja sama dengan IWAK-Ikan Giling Indonesia yang merupakan Mitra Binaan WIKA melaksanakan pelatihan pengolahan aneka panganan khas Palembang, Pempek bagi warga sekitar Kelurahan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Antusiasme warga yang terdiri dari Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PPK) terlihat memadati lokasi pelatihan di Ruang Serbaguna, Taman Macau WIKA.

General Manager Corporate Relations (GM CR) WIKA, Achmad Harris A. Soekamto menuturkan program ini disukseskan guna memberikan edukasi dan skill baru bagi warga untuk memulai mengembangkan UMK yang berdaya jual dengan memaksimalkan pemberdayaan perempuan. Kegiatan pemberian bantuan dan peningkatan keterampilan ini juga disebut Harris sebagai prioritas aktivitas TJSL WIKA dalam tujuan mendukung kehidupan keluarga yang lebih baik. Program tersebut termasuk ke dalam Sustainability Development Goals (SDGs) ke-1 untuk Tanpa Kemiskinan, ke-3 untuk Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta ke-5 untuk Kesetaraan Gender.

Artikel Terkait

Back to top button