BERITA

Rumah Itu Impian dan Kebutuhan

Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai pasangan muda yang baru menikah, Nindhi dan Anto memiliki impian untuk segera memiliki rumah. Bagi mereka, memiliki rumah merupakan bentuk dari kemandirian sebuah keluarga. Namun, sebagai pasangan baru Nindhi dan Anto memiliki keterbatasan uang untuk membeli rumah.

“Setelah menikah pasti ingin memiliki rumah, bisa mandiri bersama suami. Itu mimpi sekaligus kebutuhan bagi kami. Punya rumah sendiri itu bebas mau ngapain aja, pergi dan pulang pun juga tidak ada yang melarang. Rumah juga bisa dijadikan investasi untuk masa depan karena kecenderungan harga yang naik tiap tahunnya,” kata Nindhi di Bantul, Kamis (17/2/22).

Bagi Nindhi dengan penghasilan UMR sekitar Rp3 juta, harga beli rumah menjadi kendala, termasuk menyediakan uang muka (down payment). Namun, untuk dapat membeli rumah hunian dengan gaji UMR, mereka dapat memanfaatkan skema pembiayaan seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan oleh bank. Untuk meringankan cicilan, mereka dapat mempebesar uang muka yang disetorkan agar bunga kredit lebih ringan.

Untuk mewujudkan impian rumah tersebut, mereka mencoba menggali berbagai informasi mulai dari harga, pengembang hingga pembiayaan. Bank BTN menurutnya merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya BTN adalah bank yang sudah fokus pada pembiayaan perumahan subsidi maupun non subsidi.

“Pertama, kami akan manfaatkan KPR BTN. Kedua kami cari rumah bersubsidi, kecil tidak masalah. Ketiga, kami mulai menyisihkan sebagai gaji untuk DP rumah hunian. Kebetulan daerah kami jauh dari perkotaan, jadi masih ada beberapa lokasi seperti di Kasihan, Banguntapan hingga Godean. Yah, sementara waktu anggaran untuk liburan dan beli gadget dihemat dulu. Semoga saja uang untuk DP segera terkumpul. ” terangnya.

Bank BTN yang memiliki target The Best Mortgage Bank in Southeast Asia pada tahun 2025, perseroan menyusun lima strategi antara lain pertama, menggandakan low cost funding. Kedua, mendorong keterjangkauan akses pertumahan bagi masyarakat Indonesia. BTN juga mengahadirkan produk perbankan untuk meningkatkan taraf hidup dengan pembiayaan rumah subsidi untuk segmen Mass dan membangun chanel direct-to-customer baru bagi segment mass affluent.

“BTN juga membangun one stop shop financial solution untuk konsumen dan bisnis terkait perumahan, menjadi inovator digital dan home of indonesia’s best talent, membangun portofolio berkualitas tinggi dan mempertehankan tingkal NPL yang rendah,” kata Ramon Armando, Marketing Communication Division Head BTN.

Dibanding kompetitor lainnya, BTN memiliki keunggulan sebagai Bank yang memiliki paket pinjaman menarik, mudah untuk mendapatkan pinjaman, reputasi baik, membantu konsumen mengendalikan keuangan dengan baik serta mengakui loyalitas nasabah. Oleh sebab itu BTN menggunakan strategi brand dengan tagline ‘Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini’ (HGCTHI) sebagai umbrella campaign yang telah dilakukan sejak 2020. Dengan HGCTHI Campaign, Bank BTN berhasil meningkatkan peringkat Brand Awareness dari yang sebelumnya peringkat 8 menjadi peringkat 6. Pada Tahun 2021, Bank BTN melanjutkan HGCTHI Campaign dengan Objective meningkatkan peringkat Brand Awareness dari yang sebelumnya peringkat 6 menjadi peringkat 5.

“Target market kami adalah milenial kelas menengah ke atas yang lahir antara tahun 1980 -2000, bekerja dan memiliki penghasilan tetap (fix income earner), umumnya memiliki rekening tabungan di bank-bank utama, produktif dan memiliki kemampuan membeli. Generasi milenial ini merupakan penggerak ekonomi Indonesia saat ini. Namun, tantangannya adalah bagaimana cara membuat milenial menabung di Bank BTN,” jelasnya.

BTN mengungkapkan bahwa kondisi target market saat ini menunjukkan bahwa generasi milenial hanya menyisakan 10 persen pendapatannya untuk ditabung. Sedangkan dua dari tiga milenial menabung memiliki tujuan utama untuk liburan, fashion, hoby dan membeli gadget. Hanya satu, dari lima milenial menggunakan uangnya untuk membeli rumah. Padahal saat ini ada 81 juta milenial yang tidak memiliki rumah dengan berbagai alasan seperti belum menemukan rumah yang tepat atau dana yang tidak cukup untuk DP atau cicialan bulanan.”Banyak milenial menilai bahwa BTN sebagai Bank Jadul, Bank orang tua. Oleh sebab itu, BTN meluncurkan campaign ‘Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini’ yang menyasar mienial,” jelasnya.

Melalalui Campaign HGCTHI, BTN menawarkan beberapa produk Batara Spekta, BTN Investa, KPR BTN Platinum dan GAESSS, hingga Mobile Internet BTN. Contohnya, Batara Spekta hidup gak cuma tentang hari ini, tapi juga tentang reward yang spektakuler. KPT BTN GAEESSS, hidup gak cuma hari ini, tapi juga soal nanti harus punya rumah sendiri.

“Salah satu gimmick yang diberikan Batara Spekta dengan memberikan reward poin kepada nasabah yang dapat diredeem menjadi hadiah langsung dan pada akhir periode dilakukan pengundian dengan berbagai macam hadiah dan hadiah utama berupa rumah,” jelasnya.

Artikel Terkait

Back to top button