BERITA
Trending

HIN Menyambut Tamu dengan Jaminan Clean, Healthy, Safety


Tingkat okupansi atau tingkat hunian di beberapa unit hotel Inna yang dikelola oleh PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN kembali meningkat. Hal ini sejalan dengan dengan kebijaksanaan pelonggaran PSBB yang dilaksanakan pemerintah sehingga kegiatan perekonomian secara bertahap kembali berjalan.

Dengan penerapan Prosedur dan Kesehatan New Normal dan sejalan dengan dibukanya kembali kegiatan kepariwisataan di Yogjakarta pada awal Juni 2020, hotel Grand Inna Malioboro, misalnya, pada akhir pekan minggu pertama ini menunjukkan peningkatan jumlah tamu yang datang.

Hal yang sama dialami Inna Prapat Hotel & Resorts yang berada di kawasan wisata Danau Toba. Dengan dibukanya kembali kegiatan wisata di kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas, Inna Parapat Hotel & Resorts juga mengalami peningkatan tamu yang signifikan. Pada periode minggu terakhir bulan Mei, okupansi Inna Prapat Hotel & Resorts mencapai 80 – 100% , dan okupansi rata-rata pada bulai Mei mencapai 41%.

Dengan rencana ditetapkannya Inna Prapat Hotel & Resorts sebagai hotel percontohan bagi seluruh hotel di kawasan Danau Toba oleh Pemerintah Daerah setempat karena menerapkan Prosedur dan Protokol Kesehatan New Normal sesuai standard pemerintah, dengan dibukanya kembali kegiatan kepariwisataan di kawasan Danau Toba, okupansi Inna Prapat selama periode 1 – 7 Juni meningkat signifikan, mencapai rata-rata sebesar 56,30%.

Sebelumnya, hotel Grand Inna Kuta juga telah menerima tamu dari pegawai migran Indonesia yang datang dalam group, di mana jumlah tamu pada bulan Mei – Juni sebanyak 1.842 pengunjung.

Direktur Utama PT HIN Iswandi Said mengemukakan, pemulihan aktivitas perhotelan itu tentu saja melalui implementasi prosedur dan protokol kesehatan New Normal. Yakni, pelayanan kepada tamu hotel yang mengutamakan tingkat kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang tinggi sejak para tamu tiba hingga meninggalkan hotel.

“Melalui implementasi “Protokol Kesehatan Era Normal Baru”, HIN siap menyambut bisnis di era New Normal, dan optimis secara bertahap industri perhotelan akan kembali berkembang menuju ke pemulihan,” ungkap Iswandi.

Saat ini, HIN mengimplementasikan “SOP dan Protokol Kesehatan New Normal” dengan menekankan aspek kebersihan, kesehatan, dan keamanan (Clean, Healthy, Safety) yang mencakup seluruh kegiatan dan aktivitas serta operasional hotel. Mulai dari ketentuan dan prosedur “new normal” untuk seluruh karyawan, kebersihan kamar dan berbagai sarana dan fasilitas hotel seperti layanan receiptionist, housekeeping, meeting room, ball room, food and beverage, laundry, spa, pool and fitness, hingga prosedur di bidang engineering dan perawatan serta berbagai bidang operasional hotel lainnya.

Sebagai bagian dari langkah untuk memastikan terlaksananya Protokol Kesehatan tersebut, selain sosialisasi dan edukasi internal, HIN juga telah menyiapkan berbagai sarana informasi di area publik dan kamar hotel berkaitan dengan prosedur standard kebersihan dan higienitas, seperti informasi menjaga jarak di lift, menjaga jarak di lobby, bagaimana menekan tombol lift dengan aman, peta lokasi tempat cuci tangan atau hand sanitizer; serta berbagai petunjuk dan informasi-informasi lain untuk memastikan kebersihan dan higienitas di seluruh area dan kawasan hotel.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button