BERITA

Hingga H-3 Lebaran, 1,7 Juta Tiket Kereta Api Ludes Terjual

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau 22 April s.d 13 Mei 2022. Pada keberangkatan 28 April atau H-4 Lebaran, KAI memberangkatkan 113.839 pelanggan dengan okupansi mencapai 95%. Total, sejak H-10 s.d H-4, KAI telah melayani 577.149 pelanggan atau rata-rata 82.450 pelanggan per hari dengan okupansi sebesar 71%.

“Sampai dengan 29 April, KAI telah menjual 1.746.658 tiket KA Jarak Jauh atau 68 persen dari total tiket yang disediakan untuk periode keberangkatan pada 22 April hingga 13 Mei 2022. Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April atau H-2 Lebaran dengan rute favorit yaitu dari Jakarta ke Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan lainnya,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (29/4/22).

Terkait program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan BUMN yaitu Jasa Raharja dan KAI menyediakan total 15.130 tempat duduk KA Jarak Jauh. PT Kereta Api Indonesia (Persero) sendiri menyediakan sebanyak 470 tempat duduk untuk mudik gratis pada program ini menggunakan KA Tawang Jawa Tambahan relasi Pasar Senen – Semarang Poncol keberangkatan 27 April 2022. Respon masyarakat sangat baik, terlihat dengan okupansinya yang telah terisi 100 persen.

Pada mudik gratis BUMN ini, KAI mengoperasikan 24 perjalanan KA dengan periode keberangkatan 27 April s.d 1 Mei 2022. Terdapat perjalanan KA dari Stasiun Pasar Senen menuju ke berbagai kota seperti Semarang, Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Jombang, dan Blitar. Adapun KA-KA yang KAI sediakan untuk kegiatan mudik bareng ini di antaranya Tawang Jaya (Pasar Senen – Semarang Poncol), Kertajaya (Pasar Senen – Surabaya Pasarturi), Jayabaya (Pasar Senen – Malang), Fajar Utama Solo (Pasar Senen – Solo Balapan), dan lainnya.

Selain itu, KAI juga mendukung program mudik gratis oleh Bank BRI. KAI melayani 100 peserta Mudik Asyik Bareng Brimo menggunakan KA Tambahan Gambir-Solo keberangkatan 29 April. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, Kereta api dipilih sebagai moda transportasi untuk mudik gratis karena lebih aman, nyaman, serta mengurangi kepadatan lalu lintas dari banyaknya pengguna kendaraan pribadi.

Kemudian, KAI juga memfasilitasi program Mudik Gratis Pemprov Jateng menggunakan KA Tawang Jaya Premium (Pasar Senen – Semarang Tawang) keberangkatan 29 April untuk 320 peserta. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga turut dalam rombongan mudik mengatakan, mudik menggunakan kereta api jauh lebih aman dan nyaman karena tidak perlu terjebak macet atau mengantre di pintu-pintu tol.

Untuk menjadikan perjalanan kereta api yang sehat dan nyaman, para peserta mudik gratis juga tetap mematuhi persyaratan naik KA seperti pelanggan pada umumnya sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 dan 49 Tahun 2022.

Artikel Terkait

Back to top button