IAS Group Tingkatkan Kesiapan Layanan Bandara Jelang Nataru

E-Magazine Agustus - September 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – Menjelang periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2025–2026), PT Integrasi Aviation Solusi atau InJourney Aviation Services (IAS) meningkatkan kesiapan layanan kebandarudaraan guna memastikan pelayanan terbaik di seluruh wilayah operasionalnya. Peningkatan kesiapan tersebut disampaikan dalam kegiatan press conference yang diselenggarakan di Grand Anara Airport Hotel, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kegiatan press conference tersebut menghadirkan jajaran manajemen dari InJourney selaku holding dari IAS Group, sebagai bentuk keterbukaan informasi serta komitmen perusahaan dalam memastikan kesiapan layanan bandara selama periode Nataru.

IAS Group memandang periode Nataru sebagai fase operasional strategis yang memerlukan penguatan koordinasi lintas entitas, penataan sumber daya secara proporsional, serta pengendalian operasional yang berbasis data. Peningkatan kesiapan tersebut mencakup aspek sumber daya manusia, sarana dan prasarana pendukung, serta sistem pengawasan operasional guna menjamin konsistensi layanan di seluruh titik pelayanan bandara.

Direktur Komersial InJourney, Veronica H Sisilia dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kesiapan layanan Nataru merupakan bagian dari strategi menjaga kualitas pengalaman pelanggan dan kesinambungan kinerja komersial ekosistem aviasi nasional.

“Sebagai holding, InJourney memastikan seluruh entitas dalam ekosistem aviasi berada pada tingkat kesiapan yang optimal dalam menghadapi periode Natal dan Tahun Baru. Konsistensi kualitas layanan, keandalan operasional, serta pengalaman pelanggan yang baik menjadi fondasi utama dalam menjaga kepercayaan publik sekaligus mendukung keberlanjutan kinerja komersial bandara dan layanan pendukungnya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Plt Direktur Utama IAS, Danny P Thaharsyah menegaskan bahwa peningkatan kesiapan Nataru 2025–2026 difokuskan pada penguatan sistem kendali operasional dan pengawasan layanan di lapangan.

“IAS Group melaksanakan penguatan kesiapan operasional melalui penataan personel, optimalisasi sarana dan prasarana, serta pemanfaatan sistem monitoring operasional berbasis digital. Seluruh proses pengendalian dilakukan secara terstruktur melalui Posko Gabungan Nasional agar potensi kendala operasional dapat diidentifikasi dan ditangani secara cepat dan tepat”, ujarnya.

Danny P Thaharsyah menambahkan bahwa IAS Group telah menghadirkan sistem CALIS & WARRIOR sebagai langkah dalam transformasi digital layanan kargo nasional.

“Melalui CALIS dan WARRIOR, kami memperluas kemampuan monitoring dan pengendalian layanan secara signifikan. Seluruh aktivitas di lapangan kini terdokumentasi dengan lebih akurat dan dapat dianalisis untuk mempercepat tindakan korektif. Ini memberikan nilai tambah pada reliability operasional, terutama dalam menangani lonjakan layanan penumpang dan kargo pada masa Nataru,” tutupnya.

Dalam mendukung pengendalian operasional nasional, IAS Group mengoperasikan Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS) Nataru 2025–2026 selama periode tanggal 15 Desember 2025 – 5 Januari 2026 di bandara regional 1 (KNO), bandara regional 2 (CGK), bandara regional 3 (DPS), dan bandara regional 4 (UPG). yang berfungsi sebagai pusat koordinasi, pemantauan, dan evaluasi layanan secara terpusat. Posko ini mengintegrasikan pemantauan layanan penumpang, penanganan bagasi, layanan kargo dan logistik, serta pengelolaan fasilitas bandara di seluruh regional operasional IAS Group, dengan mekanisme pelaporan dan evaluasi yang dilakukan secara berkala.

Direktur Komersial IAS, Muchdian Muchlis  dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa peningkatan kesiapan layanan Nataru 2025–2026 juga didukung oleh penguatan program komersial yang dirancang untuk memastikan keberlangsungan layanan serta memberikan promo program yang menjadi nilai tambah bagi pengguna jasa.

“IAS juga menghadirkan berbagai rangkaian dan program promo diskon spesial diseluruh layanan yang dikelola oleh IAS Group yang terdiri dari Pax Concierge melalui layanan pelanggan “Joumpa”, layanan lounge di bandara “Concordia dan Saphire“, dan layanan baggage service bernama “It’s a Wrap”, Hotel, Driving Range dan Food Service. Selain itu para pelanggan akan mendapatkan keistimewaan sambutan saat mengunjungi berbagai layanan IAS Group di seluruh bandara yang dikelola oleh InJourney Airport. Mulai dari beragam activation, welcoming letter, welcoming drink, special gift juga para petugas frontliner yang menggunakan baju atau aksesoris natal akan menyambut dan menyapa para pelanggan dengan hangat,” ujarnya.

Melalui peningkatan kesiapan layanan tersebut, IAS Group berkomitmen untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan transportasi udara nasional selama periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, serta memastikan keberlangsungan layanan kebandarudaraan yang terpercaya dan berorientasi pada kepentingan pelanggan. Seluruh upaya ini dilaksanakan sejalan dengan semangat layanan IAS Group, “Melayani Sepenuh Hati, Memberi Layanan PASTI.”

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.