BERITA

Incar Pertumbuhan Bisnis, Menteri BUMN: Pertamina Harus Berani Bersaing Dengan Perusahaan Energi Global

Bumntrack.co.id. Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir mengapresiasi capaian Pertamina sepanjang tahun 2022 melalui penerapan transformasi bisnis sekaligus sinergi yang kuat, sehingga Pertamina Group bisa mencetak kinerja terbaik sepanjang sejarah. Ke depan, seiring peningkatan kinerja keuangan, Pertamina perlu memperkuat standarisasi efisiensi dan operasional perusahaan untuk memperkuat bisnisnya.

“Jangan berpuas diri, harus berani benchmarking dengan perusahaan energi global lainnya,” ucap Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Rabu (21/6/23).

Pendapatan dan profit yang sudah baik harus juga diikuti oleh standarisasi perusahaan yang setara dengan perusahaan global. Salah satunya melalui implementasi budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), sebagai karakter yang menguatkan kinerja Pekerja Pertamina secara berkelanjutan.

Tahun ini, Pertamina dan BUMN lainnya secara konsolidasi telah berkontribusi dividen sebesar Rp80,2 triliun kepada masyarakat Indonesia. Dividen tersebut berasal dari laba sebesar Rp303,7 triliun. Dividen tersebut merupakan kontribusi terbesar sepanjang sejarah.

“Tantangan ke depan tentu kita harus punya target yang sama, sehingga kontribusi kita ke negara dapat meningkat. Kemudian, dividen tersebut dapat digunakan oleh Pemerintah dalam berbagai program-program pro rakyat seperti bantuan sosial, sekolah gratis, dan lain-lain,” kata Erick.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menambahkan, pihaknya akan menjadikan momentum saat ini untuk bekerja lebih agresif. “Kita yakin bahwa Pertamina sudah on the right track. Kita akan lanjutkan dengan speed yang lebih cepat lagi dan merata di seluruh Pekerja Pertamina di seluruh Indonesia,” terang Nicke.

Pertamina AKHLAK Festival 2023 merupakan upaya peningkatan komitmen internal atas budaya kerja di lingkungan Pertamina Group, sekaligus memperingati perjalanan 3 tahun transformasi organisasi yang berlangsung sejak 2020.

Acara turut dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, bersama dengan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama dan jajaran komisaris, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati beserta jajaran direksi Pertamina Holding dan Subholding. Acara juga dihadiri oleh 3000 pekerja Pertamina, di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Rabu, 21 Juni 2023.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan acara diharapkan mampu menjadi perekat bagi seluruh Pertamina Wira (Perwira) pasca terbentuknya Holding dan Subholding.

“Dengan AKHLAK kami dapat mewujudkan aspirasi pemegang saham menjadi perusahaan energi global yang terdepan dengan market value 100 billion US Dollar,” jelas Fadjar.

Artikel Terkait

Back to top button