Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

Informasi Real Time Jalan Tol, Jasa Marga Luncurkan Fitur Event Lalu Lintas dengan Push Notification di Aplikasi Travoy

Bumntrack.co.id. Jakarta – Untuk meningkatkan pelayanan digital, khususnya lalu lintas (lalin) terkini di jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk meluncurkan fitur baru dalam aplikasi Travoy. Fitur tersebut adalah fitur Event Lalu Lintas yang telah dilengkapi dengan Push Notification yang akan mempermudah pengguna jalan dalam mendapatkan informasi yang lebih update dan real time. Dengan adanya pilihan Push Notification, pengguna jalan memiliki alternatif untuk mendapatkan informasi terkini mengenai lalu lintas Jalan Tol Jasa Marga Group secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu.

“Fitur notifikasi Event Lalu Lintas ini memiliki beberapa kategori informasi seperti Gangguan Kendaraan (kecelakaan, kemacetan akibat kendaraan mogok, dan bencana alam), Pekerjaan Pemeliharan (perbaikan jalan dan jembatan, rekonstruksi) dan Rekayasa Lalu Lintas (pengalihan, contraflow hingga one way) di jalan tol milik Jasa Marga Group,” ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana di Jakarta, Rabu (28/12/22).

Untuk mengaktifkan fitur baru ini, pengguna jalan dapat melakukan pembaruan langsung dari aplikasi Travoy yang sudah terpasang di perangkat. Bagi pengguna baru, aplikasi Travoy bisa didapatkan di Playstore untuk Android dan Appstore untuk iOS. Setelah terpasang di perangkat, pengguna jalan harus melakukan login dengan email dan password atau dapat login menggunakan akun Facebook/Google.

“Setelah itu, pastikan GPS dalam kondisi aktif dan izinkan aplikasi Travoy untuk mengakses pencarian lokasi. Untuk mendapatkan Push Notification, pastikan memilih izin lokasi ”Allow While Using App” atau pastikan status subscribe notifikasi telah aktif. Setelah itu, aplikasi Travoy akan memberitahu lokasi lalu lntas terkini di sekitar pengguna jalan baik saat membuka aplikasi ataupun tidak,” tambahnya.

Aplikasi Travoy akan mendeteksi pengguna yang berada di wilayah jalan tol Jasa Marga Group, yang terbagi dalam lima grup ruas, di antaranya Jabotabekdung, Transjawa, Surabaya, Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Bali. Push Notification untuk fitur Event Lalu Lintas ini akan memberikan informasi jalan tol terdekat dengan lokasi pengguna.

“Kami yakin fitur baru dengan Push Notification ini akan bermanfaat bagi pengguna jalan dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan perjalanan mereka. Tanpa harus melakukan pencarian manual, pengguna jalan akan selalu ter update dengan informasi lalu lintas terkini mulai dari keadaan jalan, jam sibuk dan lainnya yang bisa mempengaruhi perjalanan mereka,” jelasnya.

Selain fitur Event Lalu Lintas dengan Push Notification, fitur terbaru dari aplikasi Travoy juga memungkinkan pengguna untuk memonitor kondisi lajur dengan tampilan 6 CCTV dan 2 DMS (Dynamic Message Sign) terdekat dengan lokasi Event Lalu Lintas serta status Event Lalu Lintas untuk update status kegiatan dan penanganan kejadian di jalan tol.

Fitur terbaru ini melengkapi fitur-fitur lainnya dalam aplikasi Travoy sebelumnya, yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan perjalanan pengguna jalan di jalan tol milik Jasa Marga Group diantaranya fitur Tarif Tol, Travnews, Rest Area, SPBU, Yuk Mampir, Call Center, Derek Online, Panic Shake, Laporan Anda, Maps & CCTV dan TravPost.

Artikel Terkait

Back to top button