BERITA

Ini Pemenang Anugerah BUMN 2020

Jakarta, Bumntrack.co.id – Anugerah BUMN 2020 yang memasuki tahun ke-9 merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global. Mengusung tema “BUMN sebagai Lokomotif Perekonomian Nasional dalam Persaingan Global”, kriteria penilaian difokuskan pada kinerja korporasi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN sepanjang tahun 2019.

Didukung oleh tim riset dari PPM Manajemen, proses penilaian Anugerah BUMN 2020 yang awalnya diikuti oleh 131 perusahaan mengerucut menjadi 107 perusahaan yang lolos tahap wawancara dan presentasi di hadapan para dewan juri.

Pemimpin Perusahaan BUMN Track, SH Sutarto mengatakan, penyelengaraan Anugerah BUMN 2020 tahun ke-9 menjadi sangat luar biasa dengan persiapan ekstra yang berbeda dari biasanya. Dimulai dengan sosialisasi dan pengisian jawaban kuesioner pada Februari 2010, dilanjutkan proses penilaian dan presentasi penjurian pada awal Maret 2020.

“Dengan berbagai pertimbangan di masa pandemi Covid-19, maka pengumuman pemenang Anugerah BUMN 2020 yang semula direncanakan pada 9 April 2020, disesuaikan menjadi hari ini, Kamis 9 Juli 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan” kata SH Sutarto, di The MAJ Senayan, Jakarta, Kamis (9/7).

Hasil penjurian dibagi atas tiga kategori pemenang, yakni perusahaan BUMN Non Tbk, Anak Perusahaan BUMN Non Tbk dan perusahaan BUMN Tbk. Penghargaan untuk perusahaan BUMN Non Tbk di antaranya diraih oleh PT Bhanda Ghara Reksa yang meraih tiga kategori yakni Transformasi Organisasi Terbaik I, Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik III dan Inovasi Bisnis Terbaik I. Selanjutnya, PT INKA meraih Aliansi Strategis Nasional dan Global Terbaik I, serta PT Perusahaan Pengelola Aset yang dinobatkan sebagai BUMN dengan Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik I.

Pemenang kategori Anak Perusahaan BUMN Non Tbk di antaranya diraih oleh PT Petrokimia Gresik yang berhasil menyabet penghargaan Transformasi Organisasi Terbaik I dan Pengembangan SDM Unggul Terbaik II, PT Pupuk Kaltim sebagai pemenang Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik I dan Inovasi Bisnis Terbaik I, serta PT Pertamina Lubricants sebagai Aliansi Strategis Nasional dan Global Terbaik I.

Selanjutnya, pemenang kategori BUMN Tbk di antaranya diraih oleh PT Bukit Asam sebagai pemenang Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik I dan Aliansi Strategis Nasional & Global Terbaik I, PT PP selaku pemenang Strategi Pertumbuhan Terbaik I dan Aliansi Strategis Nasional dan Global Terbaik II, dan Wijaya Karya Beton sebagai Pengembangan SDM Unggul Terbaik II Inovasi Bisnis Terbaik I.

Sementara itu, Bank BRI berhasil menyabet empat penghargaan sebagai Transformasi Organisasi Terbaik I, Pengembangan SDM Unggul Terbaik I, Strategi Pertumbuhan Terbaik II, dan Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik II. Hasil ini sekaligus menobatkan BRI menjadi pemenang The Best Overall.

Selain mengadakan Talk Show dan penganugerahan pemenang, di saat yang sama dilakukan pula peluncuran Apps BUMN Track Indonesia sebagai salah satu wujud percepatan proses transformasi digital oleh BUMN Track. Aplikasi yang dapat diunduh melalui Playstore bagi pengguna android ini menyajikan beragam informasi terkini dari sumber terpercaya tentang BUMN di seluruh Indonesia.

“Kami harap kehadiran Apps BUMN Track Indonesia membuat informasi yang disampaikan dapat lebih menjangkau semua kalangan di lingkungan BUMN, mencakup pemerhati BUMN, masyarakat serta pengambil keputusan di BUMN,” terang Pimpinan Umum BUMN Track, Ahmed Kurnia.

Didukung oleh kredibilitas para dewan juri yang diketuai oleh Dr Tanri Abeng dan beranggotakan beragam profesi, menjadikan Anugerah BUMN 2020 memiliki bobot dan integritas yang teruji, serta menjadi cerminan keberhasilan pengelolaan BUMN yang kian profesional, transparan dan berdaya saing.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close