Ini Peraih Penghargaan Ajang BUMN Branding And Marketing Award 2024

Ini Peraih Penghargaan Ajang BUMN Branding And Marketing Award 2024 (Foto: Roni/BUMN TRACK)
E-Magazine Januari - Maret 2025
Ini Peraih Penghargaan Ajang BUMN Branding And Marketing Award 2024 (Foto: Roni/BUMN TRACK)

Jakarta, BUMN TRACK – BUMN Track didukung oleh DMID kembali menyelenggarakan BUMN Branding and Marketing Award (BBMA) ke-12 tahun 2024 sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap upaya konkret perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing perusahaan.

BBMA 2024 mengangkat tema “Empowering Brands, Building Nations: Optimizing BUMN’s Potential Through Exceptional Talents & Advanced Technological Support” yang menyoroti peran penting insan-insan BUMN yang kompeten serta dukungan teknologi canggih dalam membentuk strategi branding dan marketing yang unggul.

“Melalui kombinasi insan BUMN unggul dan teknologi terkini, BUMN dapat lebih proaktif dalam membangun citra positif, baik di dalam negeri maupun di pasar internasional, serta menjadi motor penggerak bagi kemajuan ekonomi dan sosial Indonesia,” ungkap Ketua Dewan Juri BUMN Branding and Marketing Award 2024 Daniel Surya yang juga merupakan Co-Founder & Executive Chairman WIR Group di Jakarta, Kamis (14/11/24).

CEO BUMN Track, SH Sutarto mengungkapkan bahwa ajang BBMA 2024 merupakan apresiasi kepada seluruh BUMN yang telah menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam membangun brand dan meningkatkan daya saing. Diharapkan penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi BUMN untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa.

“Saya berharap, acara ini tidak hanya menjadi ajang seremonial, tetapi juga menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan best practices dalam bidang branding dan marketing. Mari kita bersama-sama membangun ekosistem bisnis yang sehat dan berkelanjutan,” ujar Sutarto.

Acara ini diharapkan menjadi platform strategis untuk berbagi inspirasi, ide, dan inovasi, sekaligus mendorong kolaborasi antar perusahaan BUMN dalam upaya mengembangkan strategi branding dan marketing yang berkelanjutan, berdaya saing global, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan bangsa.

Berikut Pemenang BBMA 2024:

A. PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “BRAND STRATEGY EXCELLENCE”

  1. Brand Strategy Relevance
    Platinum : PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
    Gold : PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk
  2. Brand Creative Communication & Activation
    Platinum : PT Pos Indonesia (Persero)
    Gold : Perum Perumnas
  3. Brand Agility & Perception
    Platinum : PT PP (Persero), Tbk
    Gold : PT Bukit Asam, Tbk

# THE BEST BRAND STRATEGY EXCELLENCE PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk

PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK

KATEGORI “BRAND INNOVATION”

  1. Innovation & Technology Advancement
    Platinum : PT Pupuk Indonesia (Persero)
    Gold : PT Pos Indonesia (Persero)
  2. Internal Team Dynamics on Innovation
    Platinum : PT Jasa Marga (Persero), Tbk
    Gold : Perum Perumnas
  3. Impact on Satisfaction & Loyalty Level
    Platinum : PT Semen Indonesia (Persero), Tbk
    Gold : PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk

# THE BEST BRAND INNOVATION PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
PT Pupuk Indonesia (Persero)

PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “EMPOWERING BRANDS, BUILDING NATIONS: OPTIMIZING BUMN’S POTENTIAL THROUGH EXCEPTIONAL TALENTS & ADVANCED TECHNOLOGICAL SUPPORT”

  1. Employer and Employee Branding in Building Competent and Agile BUMN Personnel
    Platinum : PT Pupuk Indonesia (Persero)
    Gold : PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Tbk
  2. Collaborations Between BUMN Personnel and Technology
    Platinum : PT Perusahaan Gas Negara, Tbk
    Gold : PT Pupuk Indonesia (Persero)
  3. Contributing to National Image and Economic Growth
    Platinum : PT Bukit Asam, Tbk
    Gold : PT Waskita Karya (Persero), Tbk

# THE BEST EMPOWERING BRANDS, BUILDING NATIONS: OPTIMIZING BUMN’S POTENTIAL THROUGH EXCEPTIONAL TALENTS & ADVANCED TECHNOLOGICAL SUPPORT PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
PT Bukit Asam, Tbk

PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK

KATEGORI “GLOBAL BRANDING & MARKETING”

  1. Global Branding and Marketing Strategy
    Platinum : PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk
    Gold : PT Perusahaan Gas Negara, Tbk
  2. International Recognition
    Platinum : PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Tbk
    Gold : PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)
  3. Impact on Indonesia
    Platinum : PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)
    Gold : PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk

# THE BEST GLOBAL BRANDING & MARKETING PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk

B. ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “BRAND STRATEGY EXCELLENCE”

  1. Brand Strategy Relevance
    Platinum : PT Permodalan Nasional Madani
    Gold : PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
    Silver : PT Kimia Farma Trading & Distribution
  2. Brand Creative Communication & Activation
    Platinum : PT Permodalan Nasional Madani
    Gold : PT Nuon Digital Indonesia
    Silver : PT Bank Mandiri Taspen
  3. Brand Agility & Perception
    Platinum : PT Infomedia Nusantara
    Gold : PT Kereta Api Logistik
    Silver : PT Aero Wisata

# THE BEST BRAND STRATEGY EXCELLENCE ANAK PERUSAHAAN BUMN
PT Permodalan Nasional Madani

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “BRAND INNOVATION”

  1. Innovation & Technology Advancement
    Platinum : PT Surveyor Indonesia
    Gold : PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER)
    Silver : PT PLN Enjiniring
  2. Internal Team Dynamics on Innovation
    Platinum : PT Patra Jasa
    Gold : PT Infomedia Nusantara
    Silver : PT Kliring Berjangka Indonesia
  3. Impact on Satisfaction & Loyalty Level
    Platinum : PT Kimia Farma Trading & Distribution
    Gold : PT Pelindo Terminal Petikemas
    Silver : PT Terminal Petikemas Surabaya

# THE BEST BRAND INNOVATION ANAK PERUSAHAAN BUMN
PT Surveyor Indonesia

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “EMPOWERING BRANDS, BUILDING NATIONS: OPTIMIZING BUMN’S POTENTIAL THROUGH EXCEPTIONAL TALENTS & ADVANCED TECHNOLOGICAL SUPPORT”

  1. Employer and Employee Branding in Building Competent and Agile BUMN Personnel
    Platinum : PT Pertamina Patra Niaga
    Gold : PT Petrokimia Gresik
    Silver : PT PGAS Solution
  2. Collaborations Between BUMN Personnel and Technology
    Platinum : PT Petrokimia Gresik
    Gold : PT Pelindo Marine Service
    Silver : PT Pelindo Terminal Petikemas
  3. Contributing to National Image and Economic Growth
    Platinum : PT Pertamina Patra Niaga
    Gold : PT PGAS Solution
    Silver : PT Kliring Berjangka Indonesia

# THE BEST EMPOWERING BRANDS, BUILDING NATIONS: OPTIMIZING BUMN’S POTENTIAL THROUGH EXCEPTIONAL TALENTS & ADVANCED TECHNOLOGICAL SUPPORT ANAK PERUSAHAAN BUMN
PT Pertamina Patra Niaga

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “GLOBAL BRANDING & MARKETING”

  1. Global Branding and Marketing Strategy
    Platinum : PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
    Gold : PT Surveyor Indonesia
    Silver : PT AXA Mandiri Financial Service (AXA Mandiri)
  2. International Recognition
    Platinum : PT Pertamina International Shipping (PIS)
    Gold : PT AXA Mandiri Financial Service (AXA Mandiri)
    Silver : PT Aero Wisata
  3. Impact on Indonesia
    Platinum : PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
    Gold : PT Petrokimia Gresik
    Silver : PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER)

# THE BEST GLOBAL BRANDING & MARKETING ANAK PERUSAHAAN BUMN
PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)

C. BEST CMO
PERUSAHAAN BUMN & PERUSAHAAN TBK
KATEGORI “THE BEST CMO BRANDING & MARKETING”

  • Creative Marketing Initiative
    Rudi Purnomo – Direktur Business Strategic, Portfolio & Human Capital
    PT Waskita Karya (Persero), Tbk
  • Leadership & Teamwork
    Tri Wahyudi Saleh – Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia (Persero)
  • Personal Communication
    Imelda Alini Pohan – Direktur Pemasaran Perum Perumnas
  • Corporate Marketing Performance
    Subhan – Direktur Bisnis & Pemasaran PT Semen Indonesia (Persero), Tbk
  • Excellence in Global Branding and Marketing Strategy
    Andre Permana – Direktur Bisnis PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)

ANAK PERUSAHAAN BUMN
KATEGORI “THE BEST CMO BRANDING & MARKETING”

  • Creative Marketing Initiative
    Sujito – Direktur Marketing & Sales PT Infomedia Nusantara
  • Leadership & Teamwork
    Mars Ega Legowo Putra – Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga
  • Personal Communication
    Saifuddin Wijaya – Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia
  • Corporate Marketing Performance
    Kharisma – Chief Commercial Officer PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin)
  • Creative in Branding Strategic
    Silvester Budi Agung – Direktur Pemasaran & Pengembangan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER)
  • Creative Marketing Initiative
    Brilian Perdana – Direktur Tanker Minyak Mentah & Minyak Bumi PT Pertamina International Shipping (PIS)
  • Brand Activation Performance
    Kurnia Rumdhony – Direktur Pemasaran Dan Pengembangan Usaha
    PT PLN Enjiniring
  • Financial Performance Through Creative Marketing
    Robby Setiabudi Madjid – Direktur Keuangan dan Umum PT Petrokimia Gresik
  • Corporate Marketing Performance
    Aris Sudewo – Direktur Utama PT Nuon Digital Indonesia
  • Visionary in Developing Branding and Marketing
    Budi Susanto – Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia
  • Excellence in Optimization and Acceleration in Digital Initiative
    Dani N. A. Sulaeman – Direktur Properti PT Patra Jasa
  • Excellence in Marketing Strategy and Implementation
    Saifullah Lasindrang – Direktur Keuangan & Umum PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
  • Excellence in Achieving the Growth of Digital Transformation Market
    Mia Fawzia – Direktur Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma Trading & Distribution

DEWAN JURI
Ketua: Daniel Surya (Co Founder & Executive Chairman WIR Group)

Dewan Juri Kehormatan BUMN Branding & Marketing Award 2024 Tahun ke-12
Dr. Ir. Arief Yahya, MSc – Menteri Pariwisata 2014-2019 dan Dewan Pakar BUMN Track

Anggota:

  • Dr. Handito Joewono (Chief Strategy Consultant Arrbey)
  • Prof. Dr. PM. Budi Haryono (Guru Besar Universitas Kristen Krida Wacana)
  • Final Prajnanta (CEO Multinational Pengajar Praktisi Bisnis)
  • Dr. Sutan Banuara (Director of Brand Finance Indonesia)
  • Dr. Hery Margono (Akademisi, Praktisi Branding & Periklanan)
  • Dr. Agus Nurudin (Chairman BUMN Track Academy)
  • Freddy Tulung – Pengamat Kebijakan Publik, Dewan Pakar BUMN Track
  • Dr. Ir. Imam Supriyadi, MM, – Pengajar & Peneliti Universitas Pertahanan, UNHAN Jakarta
  • Agus Setio Joewono (Deputy Director Arrbey)
  • Magdalena Harahap MA – (Dosen Senior Branding and Marketing LSPR Communication dan Business Institute, Jakarta)
  • Prof Ibnu Hamad – Guru Besar Komunikasi UI (Pakar Signing, Priming dan Framing Terkait Branding)
  • Ahmed Kurnia (Chairman BUMN Track)
  • SH Sutarto (CEO BUMN Track)
  • Almira Shinantya (Brand Engagement & Metaverse Strategy Director WIR Group)
  • Anastasia Grace (Managing Director DMID)
  • Mas Sulistyo (Creative Director DMID)
  • Firmansyah Usman – (Design Director DMID)
  • Syafina Widya A. (Brand Consultant DMID)
  • Gerardus Majella (Brand Designer DMID)

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.