BERITA

Isi Bensin di Kabupaten Bandung, Kini Bisa Self Service

Bandung, Bumntrack.co.id – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Pertamina (Persero) kembali memacu inovasi era digitalisasi dengan memperluas SPBU layanan mandiri (self service) untuk kendaraan roda dua di wilayah Kabupaten Bandung, yakni SPBU 34.40316. Sebelumnya, layanan mandiri telah diterapkan di SPBU 34.40122 Kota Bandung. Selain itu, Self Service juga sukses berjalan di beberapa SPBU di Tangerang, Jakarta serta SPBU Rest Area KM 57 Karawang.

“Pada SPBU 34.40316 yang terletak di Jalan Raya Banjaran, Kecamatan Baleendah ini, konsumen dengan kendaraan roda dua dapat langsung mengisi BBM sendiri dengan mengikuti petunjuk praktis yang telah disediakan, serta operator yang siaga mendampingi,” kata Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri di Jakarta, Senin (17/2).

Menurutnya, program layanan mandiri pengisian BBM ini ditujukan untuk mengurangi antrian di SPBU serta mengoptimalkan kinerja operator. “Cara pengisiannya juga cukup mudah. Setelah konsumen membayar di loket yang tersedia, konsumen akan dapat struk. Konsumen dapat langsung scan struk di dispenser, dan ini akan mengaktifkan nozzle untuk konsumen melakukan pengisian BBM,” jelasnya.

Dewi menjelaskan, di tahap uji coba layanan mandiri untuk kendaraan roda 2 ini, terdapat 2 unit dispenser yang dilengkapi dengan 8 buah nozzle. “Dalam waktu dekat untuk kendaraan roda empat juga dapat mengisi self service,” ujar Dewi.

Upaya lain Pertamina dalam digitalisasi SPBU adalah transaksi pembayaran non tunai. Pembayaran non tunai ini dilakukan baik dengan fasilitas perbankan seperti kartu debit maupun kredit, serta melalui aplikasi MyPertamina yang terintegrasi dengan LinkAja. Dari 5.735 SPBU Pertamina, kini telah tersedia sekitar 2.260 SPBU yang sudah terkoneksi dengan MyPertamina.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close