Jasa Marga: 320.000 Kendaraan Kembali ke Jabotabek Setelah Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih

E-Magazine Januari - Maret 2025

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 320.573 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode H+2 s.d H+3 Hari Kenaikan Isa Al Masih atau pada Sabtu, 31 Mei 2025 s.d Minggu, 1 Juni 2025.

“320.573 kendaraan merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 2,7% jika dibandingkan lalin normal,” kata Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga di Jakarta, Senin (2/6/25).

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 156.423 kendaraan (48,8%) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 82.634 kendaraan (25,8%) dari arah Barat (Merak) dan 81.516 kendaraan (25,4%) dari arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalin adalah sebagai berikut:

ARAH TIMUR (TRANS JAWA & BANDUNG)

Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebanyak 73.030 kendaraan, naik sebesar 18,8% dari lalin normal.
Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang adalah sebanyak 83.393 kendaraan, naik sebesar 7,4% dari lalin normal.

Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut sebanyak 156.423 kendaraan, naik sebesar 12,5% dari lalin normal.

ARAH BARAT (MERAK)
Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 82.634 kendaraan, lebih rendah 9,5% dari lalin normal.

ARAH SELATAN (PUNCAK)
Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 81.516 kendaraan, lebih rendah 0,1% dari lalin normal.

Selama periode libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus 2025, Jasa Marga telah memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang.

Beragam upaya dilakukan Perseroan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan, seperti penambahan jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama. Selain itu, layanan preservasi atau pemeliharaan jalan juga dioptimalkan agar kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik.

Bagikan:

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.