BERITA

Jasa Marga Beli 10 Persen Saham Milik SQIL di PT Jasamarga Kunciran Cengkareng

Jasa Marga Beli 10 Persen Saham Milik SQIL di PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (Foto: Jasa Marga).

Jakarta, BUMN TRACK – PT Jasa Marga (Persero) Tbk resmi melakukan pembelian 10 persen aaham atau Sales Purchase Agreement (SPA) untuk PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (PT JKC) milik Synergy Quest International Limited (SQIL).

“Setelah pelaksanaan penandatanganan SPA, komposisi pemegang saham PT JKC saat ini yaitu sebesar 88,67% dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang merupakan pemegang saham mayoritas, 11,01% dimiliki oleh PT Triputra Utama Selaras dan 0,32% dimiliki oleh PT Nindya Karya,” kata Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur di Jakarta, Selasa (9/7/24).

Aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi korporasi yang dilakukan Jasa Marga melalui program asset recycling untuk mengoptimalkan portofolio bisnis, dalam rangka menyeimbangkan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan bisnis perusahaan.

Jasa Marga telah melakukan diskusi intens dengan Manajemen SQIL, sehingga sepakat untuk melanjutkan penandatanganan SPA PT JKC yang tentunya memberikan manfaat untuk semua pihak.

“Jalan tol ini merupakan jalur strategis yang terintegrasi dengan Jalan Tol Sedyatmo, Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Kunciran-Serpong sehingga dapat mempersingkat waktu dan jarak tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta serta diharapkan dapat memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi dan kawasan pada Kota Tangerang dan sekitarnya,” tambahnya.

Direktur SQIL Mohamad Akmal Johari menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Jasa Marga atas kerjasama yang terjalin sangat baik sebagai mitra dalam pengusahaan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

“Saya juga berharap semoga PT JKC senantiasa menjaga, selalu menjadi perusahaan jalan tol yang berkinerja tinggi, dengan pelayanan jalan tol yang sangat baik sehingga dapat menjaga sustainability of business-nya” ujar Mohamad Akmal Johari.

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng merupakan pengelola Jalan Tol Cengkareng- Batuceper-Kunciran (CBK) sepanjang 14,19 KM. Jalan tol ini melewati Kota Tangerang yang merupakan dominasi wilayah sektor industri dan tempat tinggal, sehingga Jalan Tol CBK menjadi alternatif pilihan angkutan industri. Selain itu, Jalan Tol CBK juga memberikan kepastian waktu sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat dan biaya operasional kendaraan menjadi lebih hemat baik kepada penumpang Bandara Soekarno-Hatta maupun komuter Tangerang-Jakarta.

Dengan adanya Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, saat ini pengguna jalan dari wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya mempunyai jalur alternatif baru menuju Serpong, Tangerang hingga Bandara Soekarno – Hatta, Cengkareng, dengan melewati Jalan Tol JORR 2. Dengan terintegrasi penuh, Jalan Tol JORR 2 dapat memangkas waktu perjalanan pengguna jalan dengan lebih cepat lagi.

Artikel Terkait

Back to top button