BERITA

Jokowi Jadikan ‘MAUNG’ Kendaraan Resmi Operasional Satuan TNI

Bumntrack.co.id. Jakarta – Pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahananan (Kemhan) 2023, Presiden Joko Widodo meresmikian Kendaraan Operasional Satuan (Ranops) TNI 4×4 WD terbaru produksi PT Pindad. Dalam mobil yang dikendarai langsung oleh Menhan Prabowo Subianto, Presiden Jokowi meninjau pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang merupakan bagian dari rangkaian acara rapat pimpinan. Presiden Jokowi kemudian memecahkan kendi sebagai prosesi peresmian kendaraan tersebut dan menamainya “Maung”.

Maung merupakan kendaraan operasional satuan TNI untuk medan offroad yang diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan. Kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya.

“Kendaraan Operasional Satuan yang dipamerkan merupakan versi ketiga dari Maung. Kendaraan versi ketiga ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan. Jadi kita desain ada tiga seri, seri yang pertama yaitu KOMANDO untuk komandan, seri kedua yaitu JELAJAH untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta seri ketiga adalah TANGGUH untuk latihan tempur dan lain-lain sehingga dapat dilengkapi dengan senjata,” ujar Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit Puji Santosa di Jakarta, Rabu (19/1/23).

Menurutnya, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya. Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver dan dari sisi fungsionality bisa multi-purpose.

Proses produksi Ranops Maung dilakukan dengan optimalisasi komponen & ekosistem otomotif nasional sehingga mendukung terciptanya ekosistem industri otomotif yang mandiri. Dengan optimalisasi ekosistem industri otomotif dalam negeri yang dilakukan Pindad dan mitra, TKDN dikembangkan sebesar mungkin hampir sekitar 65% yang akan terus ditingkatkan kedepannya.

Ranops Maung ini dapat mengangkut 4 orang personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang. Maung tersedia dengan pilihan atap menggunakan Hard Top, Soft Top dan atap terbuka.

Ranops Maung ini menggunakan mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 HP, Kendaraan ini dapat melaju di kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. Suspensi depan menggunakan independent coil spring, sementara suspensi belakang menggunakan rigid/independent with shock absorber. Kendaraan ini sudah mulai diperkenalkan ke publik sejak pameran Indo defence 2022 Expo & Forum November lalu. Selain Ranops Maung terbaru, pada Rapim Kemhan tahun kali ini Pindad juga menampilkan berbagai kendaraan lainnya meliputi Ranpur Badak, Anoa dan Medium Tank Harimau.

Pindad juga menampilkan produk-produk yang sudah terkontrak lainnya meliputi senjata SS2 V5 A1, Senapan Serbu DMR SPM-1 dengan alat bidik taktisnya serta Munisi Kaliber Kecil (MKK) meliputi MU5-TJ kal. 5,56 mm, MU1-TJ kal. 9×19 mm dan MU1-JHP kal. 9×19 mm.

Artikel Terkait

Back to top button