BERITA

Jokowi Resmikan Empat Fasilitas di Bandara Soetta

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam ranggka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Presiden Joko Widodo meresmikan empat fasilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas yang diresmikan adalah Terminal 3, Runway Ketiga, East Connection Taxiway (ECT), dan Gedung VIP khusus untuk penerbangan kenegaraan.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto.

“Terminal 3 selesai, runway ketiga selesai, ECT selesai, ditambah fasilitas VIP bandara selesai. Pelayanan jadi membaik,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Kamis (25/1).

Adapun keberadaan Runway Ketiga (terletak di Utara) melengkapi Runway Kedua (terletak di Utara) dan Runway Pertama (terletak di Selatan). Sementara itu, Keberadaan East Connection Taxiway mendukung West Connection Taxiway yang telah dibangun sejak 1985.

“Perlu diketahui, West Connection Taxiway dibangun pada 1985, setelah itu ada yang baru [yaitu East Connection Taxiway]. Setelah 35 tahun,” jelasnya.

Adapun dengan adanya East Connection Taxiway maka pergerakan pesawat dari runway utara ke runway selatan mau pun sebaliknya dapat semakin cepat dibandingkan jika hanya menggunakan West Connection Taxiway. Di dalam kesempatan yang sama, Presiden juga menekankan pentingnya pembangunan Terminal 4 di Soekarno-Hatta.

“Dirut AP II juga menyampaikan akan segera diselesaikan. Diharapkan 2022 akhir atau paling lambat awal 2023,” jelas Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dioperasikannya Runway Ketiga didukung East Connection Taxiway membuat kapasitas Soekarno-Hatta meningkat dari dapat melayani 80 pergerakan pesawat per jam dan secara bertahap akan menjadi lebih dari 100 pergerakan per jam.

“East Connection Taxiway juga membuat pergerakan pesawat dari runway utara ke runway selatan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya 30 menit menjadi 7 menit,” ujar Menhub.

Peresmian Empat Fasilitas di Bandara Soetta Oleh Presiden Jokowi

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong agar Soekarno-Hatta dapat selalu menjadi kebanggaan Indonesia. Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pengembangan terus dilakukan di Soekarno-Hatta termasuk Terminal 4.

“Kick off perumusan desain Terminal 4 sudah dilakukan pada 27 Desember 2019, dan kick off konstruksi proyek pada Desember 2020. Kami berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan Terminal 4 yang berkapasitas 40 juta penumpang per tahun sesuai dengan target pada 2023 sesuai arahan Bapak Presiden,” ungkap Awaluddin.

Pengembangan di Soekarno-Hatta dilakukan untuk meningkatkan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan. “Saat ini aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di Soekarno-Hatta jelas sudah meningkat dengan adanya fasilitas yang baru saja diresmikan Presiden. Sudah tidak ada kepadatan penumpang di terminal karena terdistribusi dengan baik di Terminal 1, 2, dan 3. Antrian pesawat di sisi udara juga berkurang signifikan sehingga meningkatkan on time performance [OTP] dari maskapai seiring dengan adanya 3 runway ditambah East Connection Taxiway dan West Connection Taxiway,” ujarnya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia dengan pergerakan penumpang mencapai 60-70 juta pergerakan penumpang per tahun.

Berikut fasilitas di Bandara Internasional Soekarno Hatta yang diresmikan Presiden Jokowi:

  1. Terminal 3
    Terminal 3 saat ini merupakan terminal penumpang pesawat terbesar yang ada di Indonesia, memiliki kapasitas hingga 25 juta penumpang per tahun. Pertama kali dioperasikan pada 2016, Terminal 3 melayani rute penerbangan domestik dan internasional.
    Data Teknis kawasan Terminal 3:
    Luas Total Bangunan: 422.804,40 meter persegi
    Luas Terminal: 331.101,60 meter persegi
    Boarding Gate: 28 boarding gate
    Check in Area: 6 island, 206 counter
    Baggage claim: 13 unit carrousel
    Garbarata: 52 unit
  2. Runway Ketiga
    Runway Ketiga dioperasikan penuh dengan dimensi 3.000 x 60 meter sejak 20 Desember 2019. Tujuan dibangunnya landas pacu ini guna memperlancar lalu lintas dan meningkatkan kapasitas penerbangan secara bertahap di Soekarno-Hatta.
    Runway Ketiga melengkapi Runway Pertama dan Runway Kedua yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.
  3. East Connection Taxiway
    East Connection Taxiway (ECT) merupakan infrastruktur guna mempercepat pesawat agar bisa lebih cepat merapat ke terminal penumpang setelah landing, atau bisa segera take off saat dari terminal.
    ECT dibangun dengan dua lajur, masing-masing memiliki lebar 25 meter serta lebar bahu 2×7,5 meter, dan bisa digunakan pesawat berlorong ganda (twin aisle).
    Sementara, panjang lintasan sekitar 2 km yang langsung menghubungkan taxiway di runway utara dengan taxiway di runway selatan. Pergerakan pesawat dari runway selatan ke utara mau pun sebaliknya yang semula membutuhkan waktu lebih dari 30 menit menjadi 7 menit. ECT melengkapi West Connection Taxiway (WCT) yang sudah dioperasikan terlebih dahulu.
  4. Gedung Terminal VIP
    Bandara Soekarno-Hatta kini memiliki Gedung Terminal VIP baru yang terletak di Kawasan Terminal 3. Gedung seluas 6.124,80 meter persegi ini diperuntukkan khusus melayani kegiatan yang bersifat kenegaraan misalnya menyambut kedatangan dan melepas keberangkatan tamu negara.
Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close