BERITA

Jokowi Resmkikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere Sepanjang 3,64 Km

Sepanjang Nataru 23/24 Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere Dilewati Oleh Lebih Dari 672.000 Kendaraan

Jakarta, BUMN TRACK – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo hari ini Senin (08/01/24) meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gerbang Tol (GT) Limo Utama Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Rangkaian ruas jalan tol yang diresmikan tersebut dioperasikan oleh 2 (dua) Badan Usaha Jalan Tol yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Presiden Joko Widodo mengucapkan syukur atas peresmian ruas jalan tol tersebut. Rangkaian jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, di antaranya yaitu Jalan Tol Lingkar Dalam, Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan dilengkapi dengan rangkaian jalan tol ini yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2.

“Pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan alternatif kepada masyarakat khususnya yang tinggal di Cibubur, Bogor, Tangerang untuk menjangkau sejumlah tempat seperti Bandara Soekarno Hatta tanpa harus melalui Dalam Kota. Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik yang diharapkan juga mengurangi kemacetan, sehingga masyarakat memiliki alternatif, pilihan yang lebih lancar,” ujar Presiden RI Joko Widodo di Bogor, Senin (8/1/24).

Dalam peresmian tersebut, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan bahwa dengan diresmikannya Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere yang dioperasikan oleh anak usaha Jasa Marga PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) akan menjadi alternatif untuk mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya.

“Dengan tersambungnya jalan tol ini dapat memecah lalu lintas yang dari dan menuju Bogor maupun Bandara / Cengkareng dengan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan menggunakan Jalan Tol JORR 1. Pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) juga dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2,” terang Subakti.

Sementara itu Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani mengatakan, sebelum diresmikan pada hari ini, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah beroperasi tanpa tarif sejak periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 23/24), tepatnya pada 22 Desember 2023 lalu.

“Selama libur Nataru 23/24 periode 18 Desember 2023 s.d 4 Januari 2024, kami mencatat jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Tol Serpong-Cinere mencapai 672.107 kendaraan. Jumlah ini meningkat 98,78% dibandingkan dengan lalu lintas normal. Jika dibandingkan dengan lalu lintas Nataru tahun lalu, bahkan meningkat sebesar 121,07%. Alhamdulillah, kami melihat masyarakat antusias dalam menggunakan ruas jalan tol ini yang kini telah terintegrasi penuh dengan jaringan jalan tol JORR 2 lainnya,” ujar Mirza.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km yang dibagi menjadi dua seksi yaitu, Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km yang telah beroperasi sejak tahun 2021 dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km. Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Artikel Terkait

Back to top button