KAI Commuter Tambah Stamformasi Commuter Line Dhoho/Penataran dan Surabaya Kota-Pasuruan
Jakarta, BUMN TRACK – KAI Commuter sebagai operator Commuter Line Dhoho/Penataran dan Commuter Line Supas konsisten berupaya meningkatkan layanan bagi penggunanya.
Untuk menambah kapasitas angkut, mulai Selasa, 1 Oktober 2024, KAI Commuter mengoperasikan tambahan kereta (stamformasi) di setiap rangkaian pada jadwal perjalanan Commuter Line Dhoho/Penataran (Surabaya Kota – Kertosono – Blitar) dan Commuter Line Surabaya Kota-Pasuruan (Supas)
“Penambahan kapasitas angkut pengguna ini untuk mengakomodasi pertumbuhan jumlah penumpang kereta api perkotaan di wilayah Surabaya yang terus naik. Penambahan kapasitas angkut pengguna ini dilakukan dengan menambahkan jumlah stamformasi Commuter Line Dhoho dan Commuter Line Supas,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus di Jakarta, Senin (30/9/24).
Mulai 1 Oktober 2024 KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya akan menambah jumlah stamformasi Commuter Line Dhoho/Penataran (Surabaya Kota – Kertosono – Blitar) dari enam kereta ekonomi K3 menjadi delapan kereta ekonomi K3 pada 8 (delapan) jadwal perjalanan KA nya. Penambahan jumlah stamformasi tersebut meningkatkan kapasitas angkut dari 636 tempat duduk menjadi 848 tempat duduk.
Sedangkan untuk penyesuaian stamformasi Commuter Line Supas, dari lima kereta ekonomi KRD menjadi enam kereta ekonomi K3 pada setiap rangkaiannya. Sedangkan peningkatan jumlah kapasitas pengguna dari 400 tempat duduk menjadi 636 tempat duduk.
Berikut Jadwal penyesuaian tambahan stamformasi perjalanan Commuter Line Dhoho/Penataran dan Commuter Line Supas mulai 1 Oktober 2024:
- Commuter Line Dhoho No.422 relasi Kertosono – Blitar pemberangkatan pukul 04:35 WIB
- Commuter Line Dhoho No. 403A-404A relasi Blitar – Kertosono – Surabaya pemberangkatan pukul 07:20 WIB
- Commuter Line Dhoho No. 417A – 418 relasi Surabaya – Kertosono – Blitar pemberangkatan pukul 15:00 WIB
- Commuter Line Dhoho No.421 relasi Blitar – Kertosono pembarangkatan pukul 21:40 Wib
- Commuter Line Dhoho No.424A relasi Kertosono – Surabaya pemberangkatan pukul 04:25 WIB.
- Commuter Line Dhoho No. 413A – 414 relasi Surabaya – Kertosono – Blitar pemberangkatan pukul 07:40 WIB
- Commuter Line Penataran No.436A relasi Blitar – Surabaya pembarangkatan pukul 13:40 Wib
- Commuter Line Dhoho No.423A relasi Surabaya – Kertosono pemberangkatan pukul 20:55 WIB
- Commuter Line Supas No. 451 relasi Surabaya – Pasuruan pemberangkatan pukul 03:00 Wib
- Commuter Line Supas No. 453A relasi Surabaya – Pasuruan pemberangkatan pukul 07:30 WIB
- Commuter Line Supas No. 455A relasi Surabaya – Pasuruan pemberangkatan pukul 12:20 WIB
- Commuter Line Supas No. 457A relasi Surabaya – Pasuruan pemberangkatan pukul 18:20 WIB
- Commuter Line Supas No. 452A relasi Pasuruan – Surabaya pemberangkatan pukul 05:25 WIB
- Commuter Line Supas No. 454A relasi Pasuruan – Surabaya pemberangkatan pukul 10:05 WIB
- Commuter Line Supas No. 456A relasi Pasuruan – Surabaya pemberangkatan pukul 16:10 WIB
- Commuter Line Supas No. 458A relasi Pasuruan – Surabaya pemberangkatan pukul 20:40 WIB
KAI Commuter mencatat rata-rata volume harian pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya pada September 2024 ini sebanyak 38.968 orang per harinya atau lebih besar 3% jika dibanding Agustus 2024 kemarin yaitu sebanyak 37.777 orang tiap harinya.
Sementara itu, sepanjang 2024 ini hingga 30 September ini total pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran sebanyak 6.436.170 orang dengan rata-rata volume sebanyak 23.698 orang per harinya. Sedangkan total volume Commuter Line Supas sepanjang 2024 ini sebanyak 1.004.836 orang atau rata-rata sebanyak 3.634 orang per harinya.
Dengan penyesuaian stamformation untuk meningkatkan kapasitas angkut ini, secara keseluruhan KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya meningkatkan kapasitas angkut pengguna sebanyak 14% tiap harinya.
“KAI Commuter mempredikasi kenaikan volume pengguna Commuter Line Dhoho/Penataran dan Commuter Line Supas sebanyak 2-5% tiap harinya atau meningkat sebanyak 600 – 1500 orang per harinya” tambah Joni.
Dalam pemesanan dan pembelian tiket KA-KA Lokal tersebut dapat melalui Aplikasi Access By KAI. Pengguna bisa memesan tiket mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan dengan memasukan data-data yang sesuai dengan identitas diri.
Sementara itu untuk pembelian secara langsung, hanya dapat dilayani di hari yang sama pada tanggal pemberangkatan sepanjang tiket keberangkatan masih tersedia.
Sebelum menggunakan Commuter Line Dhoho/Penataran atau pun Commuter Line Supas, pengguna diwajibkan melakukan proses boarding di stasiun keberangkatan untuk dilakukan pemeriksaaan data perjalanan
Dalam hal standar layanan kepada seluruh pengguna, KAI Commuter akan memberikan standar layanan yang sama dengan layanan Commuter line lainnya yang sudah berhasil diterapkan.
“Kami senantiasa berharap dan berupaya maksimal agar kehadiran KAI Commuter memberi dampak positif dan menjadi solusi layanan transportasi di setiap tempat dimana kami hadir,” tutup Joni.