Jakarta, Bumntrack.co.id – Mulai Selasa, 1 Juli 2025, rangkaian KA Pangrango relasi Bogor – Sukabumi (PP) resmi menggunakan Kereta Ekonomi New Generation yang dirancang dengan standar kenyamanan lebih tinggi.
Kereta baru ini memiliki kapasitas 72 tempat duduk per kereta, lebih sedikit dibanding sebelumnya yang sebanyak 80 tempat duduk, sehingga memberikan ruang kaki yang lebih luas dan kursi yang lebih ergonomis. Total kapasitas tempat duduk KA Pangrango kini menjadi 460 kursi, tetap optimal untuk melayani rute Bogor – Sukabumi yang merupakan koridor padat, terutama di akhir pekan dan musim liburan.
“Kereta Ekonomi New Generation yang digunakan pada KA Pangrango merupakan hasil modifikasi dan perawatan oleh Balai Yasa Manggarai, unit perawatan sarana KAI yang telah menghasilkan 93 kereta New Generation hingga 2 Juli 2025. Hal ini mencerminkan kapasitas Balai Yasa dalam mendukung in-house modernisasi sarana KAI secara berkelanjutan, serta memperkuat kemandirian industri perkeretaapian nasional,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Selasa (8/7/25).
Langkah peningkatan layanan ini juga relevan dengan lonjakan jumlah penumpang KA Pangrango dari tahun ke tahun. Tahun 2023, KA ini mengangkut 786.001 penumpang. Angka itu meningkat menjadi 874.789 pada 2024. Sementara untuk Januari hingga Juni 2025 saja, sudah tercatat 554.394 penumpang — terdiri dari 87.326 penumpang kelas eksekutif dan 467.068 kelas ekonomi.
Modernisasi KA Pangrango juga tak lepas dari peran penting Stasiun Bogor sebagai simpul konektivitas regional. Stasiun ini juga melayani rata-rata harian 49.369 gate-in dan 49.024 gate-out pengguna Commuter Line. Ke depan, integrasi antara Stasiun Bogor dan Alun-Alun Kota Bogor akan menjadikan kawasan tersebut sebagai “downtown” modern ala Eropa menggabungkan fungsi transit, rekreasi, dan ruang interaksi warga kota.
Sebagai kota yang telah lama dikenal modern sejak era kolonial, Bogor terus berkembang. Konektivitas antarmoda yang semakin baik menjadikan mobilitas masyarakat lebih efisien, dan layananan KA Pangrango menjadi bagian penting dari denyut perkembangan kota ini.
Berikut rekapitulasi lengkap daftar KA New Generation dan Stainless Steel New Generation per 6 Juli 2025, berikut relasinya:
A. Kereta Ekonomi New Generation (Modifikasi Balai Yasa Manggarai)
- KA Blambangan Ekspres
Relasi: Pasarsenen – Ketapang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Dharmawangsa Ekspres
Relasi: Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Mutiara Timur (KA 200 & 210)
Relasi: Surabaya Pasarturi – Ketapang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Joglosemarkerto
o KA 185: Purwokerto – Tegal – Solo Balapan (pp)
o KA 187: Solo Balapan – Tegal – Semarang Tawang Bank Jateng (pp)
o KA 183: Solo Balapan – Tegal – Solo Balapan (pp)
Kelas: Ekonomi & Eksekutif
- KA Brantas
Relasi: Pasarsenen – Blitar (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Ranggajati
Relasi: Cirebon – Jember (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Banyubiru Ekspres (KA 231 & 232)
Relasi: Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Kamandaka
o KA 181, 183, 191: Semarang Tawang Bank Jateng – Tegal – Purwokerto (pp)
o KA 194, 197: Semarang Tawang Bank Jateng – Tegal – Cilacap (pp)
Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Ijen Ekspres (KA 239F & 240F)
Relasi: Malang – Ketapang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Sancaka Utara
Relasi: Surabaya Pasarturi – Cilacap (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Pangrango
Relasi: Bogor Paledang- Sukabumi (pp) I Kelas: Ekonomi
B. Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation
- KA Lodaya
Relasi: Bandung – Solo Balapan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Gaya Baru Malam Selatan
Relasi: Pasarsenen – Surabaya Gubeng (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Mataram
Relasi: Pasarsenen – Solo Balapan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Jayabaya
Relasi: Pasarsenen – Malang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Bogowonto
Relasi: Pasarsenen – Lempuyangan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Batavia
Relasi: Gambir – Solo Balapan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Fajar Utama Solo
Relasi: Pasarsenen – Solo Balapan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Senja Utama Solo
Relasi: Solo Balapan – Pasarsenen (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif - KA Jaka Tingkir
Relasi: Pasarsenen – Purwosari (pp) | Kelas: Ekonomi - KA Progo
Relasi: Pasarsenen – Lempuyangan (pp) | Kelas: Ekonomi - KA Majapahit
Relasi: Pasarsenen – Malang (pp) | Kelas: Ekonomi
C. Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation
- KA Argo Dwipangga
Relasi: Gambir – Solo Balapan (pp) - KA Argo Lawu
Relasi: Gambir – Solo Balapan (pp) - KA Argo Bromo Anggrek
Relasi: Gambir – Surabaya Pasarturi (pp) - KA Argo Semeru
Relasi: Gambir – Surabaya Gubeng (pp) - KA Bima
Relasi: Gambir – Surabaya Gubeng (pp) - KA Taksaka
Relasi: Gambir – Yogyakarta (pp) - KA Argo Sindoro
Relasi: Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir (pp) - KA Argo Muria
Relasi: Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir (pp)
D. Kereta Campuran Eksekutif & Ekonomi Stainless Steel New Generation
- KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan (pp)
- KA Mataram Pasarsenen-Solo Balapan (pp)
- KA Bogowonto relasi Pasarsenen-Lempuyangan (pp)
- KA Batavia relasi Gambir-Solo Balapan (pp)
- KA Jayabaya relasi Pasarsenen-Malang (pp)
- KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng (pp)
- KA Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solo Balapan
- KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasarsenen