BERITA

Kebakaran Lahan dan Hutan Kalimantan, Pertamina EP Siaga Sarana dan Prasarana

Jakarta, Bumntrack.co.id – Menyikapi kondisi musim kemarau yang berkepanjangan dan terjadinya kebakaran lahan di beberapa wilayah Indonesia, PT Pertamina EP mengambil peran untuk mendukung pemerintah dalam menanggulangi dampak karhutla.

“Di wilayah Kalimantan, beberapa field sudah mensiagakan sarana, prasarana, maupun tim yang akan siaga, antara lain adalah Tanjung Field Kalimantan Selatan, Bunyu Field Kalimantan Utara, Tarakan Field Kalimantan Utara, dan Sangasanga Field Kalimantan Timur. Melalui PEP Asset 5 Tanjung Field, telah dibagikan masker gratis sebanyak 3.000 masker bekerjasama dengan Rumah Sakit Pertamina Tanjung (RSPT),” kata Asset 5 Legal & Relation Manager Anton Sumartono Raharjo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (24/9).

Kiriman asap akibat adanya karhutla tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, tercatat indeks kualitas udara di wilayah Tabalong adalah 158, jauh diatas baku mutu 100, suhu udara 35 derajat celcius, dan kelembaban 30 persen dengan status unhealthy atau tidak sehat. Tidak hanya memberikan masker saja, namun PEP Tanjung juga bergabung dalam pasukan siaga bencana karhutla Kabupaten Tabalong yang bekerja sama dengan Badan Pemadam Kebakaran (BPK) Kabupaten Tabalong.

PEP Sangasanga Field juga turut bekerjasama dengan tim penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dibentuk oleh Polsek Sangasanga dan Polsek Anggana, membantu pemadaman di enam lokasi. Pada kesempatan lain, PEP Bunyu Field bersama Muspika Pulau Bunyu bertemu dan berkoordinasi dalam rangka antisipasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar Pulau Bunyu. Dalam pertemuan itu, PEP Bunyu berkomitmen akan membantu dalam tindakan penanggulangan karhutla mulai dari langkah preventifnya sampaki aksi pemadaman kebakaran sendiri.

Di provinsi Kalimantan Utara, Asset 5 Tarakan Field melalui Organisasi Penanggulangan Keadaan Darurat Tarakan Field (OKPD) sepanjang tahun 2019 sudah membantu pemadaman karhutla sebanyak dua puluh lima titik. Seluruh pemadaman dapat ditanggulangi melalui alat dan sarana milik Tarakan Field seperti fire truck dan fire jeep.

“Bantuan terhadap penanggulangan karhutla merupakan wujud kepedulian Perusahaan terhadap lingkungan sekitar wilayah kerja. Sinergi untuk menghadapi situasi darurat yang sedang dihadapi saat ini sangatlah penting. Kami akan terus berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, semoga kondisi di lokasi rawan karhutla dapat segera pulih seperti sedia kala,” tutupnya.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close