BERITACSR

Kelola Sampah Organik Dapur, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna Raih Penghargaan dari Plt Walikota Bekasi

BUMN Track.co.id. Jakarta – Pemerintah Kota Bekasi memberikan penghargaan kepada PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg), bagian dari Subholding PT PLN Energi Primer Indonesia, atas program CSR Perusahaan terhadap Lingkungan yakni Pengelolaan Sampah Organik Dapur dengan Budidaya Maggot BSF (Black Soldier Fly) dengan mengembangkan Joglo Larva Centre.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh PLT Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono dalam acara Sosialisasi Program 1000 Kandang Maggot BSF Kota Bekasi pada Selasa 26 Juni 2023. Acara tersebut juga dihadiri oleh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Camat, Lurah, perwakilan RW serta penggiat komunitas pengelolaan sampah organik melalui budidaya maggot.

Hal ini menjadi bukti nyata bahwa program CSR dari PT BAg yaitu Joglo Larva Center dapat berperan sebagai percontohan untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Bekasi. “CSR yang dilaksanakan BAg, diharapkan dapat menjadi fondasi atau embrio pada pengembangan masyarakat, khususnya dalam pengelolaan sampah,” kata Tri Susanto sebagai Direktur Utama BAg dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (27/6/23).

Terkait dengan program budidaya Maggot tersebut, PLT Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono menjelaskan bahwa pemerintah Kota Bekasi akan berupaya konsisten dalam membantu mengembangkan usaha pengelolaan sampah organik ini. “Kami akan membantu mengembangkan apa yang telah ada, seperti budidaya Maggot yang memungkinkan untuk disalurkan kepada end user dan pengembangan penjualan produk yang awalnya dijual secara mentah kini bisa dijual dalam bentuk kering, bahkan kini dapat berupa pelet bagi peternak yang membutuhkan, selain itu kami juga akan mencari solusi dari setiap masalah pengembangan,” terangnya.

Program CSR PT Pelayaran Bahtera Adhiguna pada pengelolaan sampah organik melalui budidaya Maggot BSF dalam satu tahun terakhir telah tumbuh sangat pesat. Tercatat lebih dari 1200 KK telah melakukan pemilahan sampah dan setiap bulannya lebih dari 18 ton sampah rumah tangga dapat dikelola dengan maggot. “Dalam Kurun waktu satu tahun, masyarakat yang berpartisipasi meningkat lebih dari 500% dan saat ini sudah ada 20 RW yang membentuk komunitas pengelolaan sampah organik melalui budidaya Maggot,” jelas Mulyanto selaku Penanggung Jawab Joglo Larva Center.

Joglo Larva Center mampu menjadi magnet bagi para pemerhati lingkungan untuk belajar mengenai pengelolaan sampah. Tidak hanya dari Bekasi melainkan juga dari berbagai daerah di luar Bekasi, Jawa Barat dan Provinsi lain untuk belajar.

Sekretaris Perusahaan PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, Aditya Yudanto menyambut hangat apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh PLT Walikota Bekasi. Diharapkan Joglo Larva Center ini dapat diduplikasi di tempat lainnya dan resonansi semangatnya agar ditiru di banyak tempat hingga skala yang lebih besar. “Jika ingin belajar tentang pengelolaan sampah berbasis komunitas, maka Bekasi dan tempat ini adalah adalah tempat yang tepat,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Back to top button