BERITA

Kementerian PPPA-PNM Teken MoU Pengembangan UMKM dan Pemberdayaan Perempuan

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM melangsungkan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) tentang Peran Serta Perempuan Pelaku Usaha Ultra Mikro dan Mikro dalam Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Selasa (29/12) di Kantor Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta Pusat.

Maksud dan tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman ini sebagai upaya bersama untuk mensinergikan pemberdayaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia melalui Pelatihan dan Pendampingan Usaha. Dan juga untuk menjalin kerja sama dengan prinsip saling menguntungkan antara para pihak dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Saat ini PNM sudah membina 7.830.000 nasabah aktif di seluruh Indonesia dan mayoritas perempuan. Dengan menerima tugas ini, kami sangat gembira dan menjadi suatu kehormatan karena dipercaya dalam menangani dan membina perempuan pelaku usaha ultra mikro, kecil dan menengah. Kalau mengumpulkan dan membina mungkin PNM bisa, tapi bagaimana cara memberikan nilai tambah kepada perempuan Indonesia ini yang kami tidak bisa lakukan sendiri. Rasanya peran dari Ibu Bintang inilah yang sangat membantu PNM dalam membina dan memberikan nilai tambah kesetaraan gender bagi perempuan Indonesia,” kata Direktur Utama PT PNM (Persero), Arief Mulyadi di Jakarta, Selasa (29/12).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga mengatakan bahwa perempuan dan anak adalah sumber daya manusia yang luar biasa yang memang seharusnya dan semestinya diberdayakan sehingga bisa berperan penting dalam pembangunan di Indonesia. “Sehingga apa yang jadi harapan kita bersama untuk mencapai Indonesia Maju, itu bisa menjadi peran aktif daripada perempuan-perempuan Indonesial, oleh sebab itu kami menggandeng PNM untuk ikut berkontribusi pada bidangnya yaitu pemberdayaan perempuan,” kata Bintang Puspayoga.

Komitmen PNM dalam memberikan pendampingan kepada pengusaha UMKM, kami wujudkan melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), dimana PNM secara berkala dan berkelanjutan memberikan pelatihan, pembinaan, motivasi dan lain sebagainya guna meningkatkan produktivitas dan kelas usaha nasabah binaan kami tidak lupa terkait dengan 5 (lima) isu prioritas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang meliputi peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan usia anak.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button