BERITACSR

Kerek Potensi UMKM, SPJM Gelar Workshop Digital Marketing

BUMN Track. Jakarta – Dalam rangka meningkatkan potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) bagian dari Pelindo Group menggelar kegiatan workshop dengan mengangkat tema “UMKM Sukses dengan Digital Marketing.”

SPJM berkolaborasi dengan Komunitas Digital Marketing yaitu PT Paletteki Creative Studio sebagai wujud dukungan memajukan bisnis UMKM di indonesia secara digital dan juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program pembinaan kewirausahaan.

Ada 3 tahapan dalam program Digital Marketing ini yaitu Tahap Pertama dilakukan Sosialisasi Kegiatan Digital Marketing dengan menghadirkan 60 UMKM secara offline yang telah tersaring kurang lebih 250 peserta UMKM dan ratusan peserta lainnya mengikuti secara online melalui via Zoom Meeting.

Tujuan dalam program ini adalah membantu peningkatan brand awareness SPJM melalui program CSR dan juga untuk membantu memajukan bisnis UMKM secara Digital serta meningkatkan potensial SDM melalui program pembinaan kewirausahaan nantinya. Workshop Digital Marketing ini menghadirkan 3 Pemateri mulai dari Praktisi Digital Marketing, Owner Platform Digital Kasir serta Marketing Officer yaitu Akhmad Nurkholis, Khulafaur Rasyidin dan Deni Wibowo.

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir dari berbagai sektor usaha seperti kuliner, fashion, agrobisnis, percetakan, dan bidang lainnya, turut antusias mengikuti workshop yang diselenggarakan SPJM ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Perusahaan SPJM, Bapak Tubagus Patrick serta dihadiri langsung juga oleh Kepala Dinas Koperasi & UKM Pemerintah Kota Makassar, Bapak Muhammad Rheza, S.STP, M.Si.

“SPJM sebagai bagian dari Pelindo Group terus berupaya mendukung dan membantu para pelaku UMKM untuk dapat naik kelas dan go digital. Saya dulu sebelum menjadi pegawai, saya pernah menjadi pengusaha UMKM dan saya paham betul apa yang dirasakan oleh mereka, maka dari itu kami sedikit banyaknya memahami kebutuhan para penggiat atau pelaku UMKM saat ini,” kata Tubagus Patrick, selaku Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Seni (7/8/23).

Kegiatan ini memiliki 3 tahap yaitu Pelatihan/Sosialisasi Digital Marketing yang dilakukan saat ini lalu selanjutnya diadakan kompetisi proposal bisnis peserta UMKM yang telah registrasi serta mengumumkan UMKM yang lolos sebagai Binaan SPJM nantinya.

Astiwi selaku Owner Sygmama Project, salah satu peserta yang mengikuti pelatihan Digital marketing mengungkapkan kegiatan Digital Marketing yang diadakan oleh SPJM ini memberikan pengetahuan baru mengenai digital marketing dan bagaimana menggunakan Marketplace dengan baik dan benar.

Kegiatan ini memiliki 3 rangkaian, yaitu tahap pertama berupa pelatihan dan sosialisasi ilmu dasar digital marketing, tahap kedua adalah kompetisi proposal bisnis peserta UMKM, serta tahap ketiga yang juga menjadi penutup rangkaian adalah pemilihan pemenang kompetisi. Sebanyak 3 UMKM pemenang yang berhak menjadi mitra binaan SPJM dan diumumkan Oktober nanti.

Melalui Kegiatan ini komitmen manajemen SPJM untuk care dengan pembinaan wirausaha-wirausaha yang ada di masyarakat sekitar menjadi terwujud. Momentum kegiatan ini juga mendapat dukungan langsung dari UMKM kepada SPJM untuk terus memberikan ruang bagi para UMKM.

Artikel Terkait

Back to top button