BERITA
Trending

Kolaborasi Kafaperta dan Faperta Unsoed Gelar Seminar dan Musyawarah Nasional 2023


Alumni perguruan tinggi saat ini menjadi komponen yang penting dalam pengembangan institusi maupun peningkatan kualitas pembelajaran dan lulusan. Melalui jejaring yang terbangun, para alumni juga diharapkan dapat terus menjalin komunikasi.

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Pertanian Unsoed ke-61, Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (Kafaperta) berkolaborasi dengan Faperta Unsoed menyelenggarakan Seminar dan Musyawarah Nasional Kafaperta yang berlangsung di Kampus Fakultas Pertanian Unsoed, Purwokerto, Sabtu (4/10). Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan Jalan Sehat Faperta Unsoed.

Munas dan Temu Alumni Kafaperta 2023 bertujuan untuk meningkatkan persaudaran antar keluarga alumni Fakultas Pertanian, merumuskan langkah nyata sinergi dalam mendukung implementasi ipteks untuk pencapaian ketahanan pangan nasional, serta pemilihan Ketua Umum Kafaperta UNSOED untuk periode kepengurusan 2024-2027.

Kegiatan ini juga diisi dengan acara Seminar Nasional dengan tema “Bersinergi untuk Pertanian Indonesia yang Sejahtera dan Mendunia”. Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam sambutannya melalui video conference mengatakan, saat ini dunia sedang menghadapi kerawanan iklim yang cenderung menimbulkan kerawanan pangan sehingga berdampak pada populasi masyarakat gizi kurang. Maka diperlukan awareness dan antisipasi mengurangi krisis pangan serta mengendendalikan inflasi.

“Salah satu kunci terkendalinya infalsi nasional adalah dengan menjaga stabilitas stok dan harga pangan. Selain itu, terkendalinya angka inflasi merupakan hasil kerja keras bersama yang terus bersinergi dan berkolaborasi antara akademisi, business, government, community and media sehingga mampu menciptakan ekosistem pertanian yang baik dari hulu hingga hilir,” ungkap Arief.

Dalam kesempatan tersebut, kehadiran Arief Prasetyo Adi diwakilkan oleh Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto.

Selanjutnya, hasil MUNAS IV Kafaperta UNSOED mengangkat kembali Syamsudin Hadi Sutarto sebagai Ketua Umum periode 2023- 2027. Keberhasilannya menjadi Ketua Kafaperta di periode sebelumnya diganjar penghargaan dedikasi.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh seluruh rekan Alumni. Semoga ini menjadikan langkah untuk estafet kepemimpinan yang akan datang menjadi lebih baik lagi. Mari membangun aspirasi Alumni melalui konektivitas, kreativitas dan kolaborasi bersama Faperta Unsoed maju terdepan,” ungkap SH Sutarto selaku Ketum Kafaperta yang juga merupakan CEO BUMN Track.

Ia mengatakan, temu alumni bertujuan untuk mengumpulkan para alumni dari berbagai angkatan untuk saling berinteraksi, berbagi pengalaman, dan menjalin hubungan yang lebih erat.

“Alumni memiliki peran penting dalam membangun jaringan sosial dan profesional yang dapat berdampak positif pada almamater dan masyarakat. Temu alumni menjadi kesempatan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta peluang kolaborasi di berbagai bidang,” ungkap SH Sutarto.

Ia menambahkan, sinergi antara alumni fakultas pertanian dengan pihak kampus dan stakeholders perlu ditingkatkan, agar terjalin komunikasi lebih efektif dan saling menguatkan dalam rangka mewujudkan kampus merdeka di masa mendatang sekaligus berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Artikel Terkait

Back to top button