BERITA
Trending

Komitmen MIND ID Grup Berdayakan Kearifan Lokal di Sekitar Wilayah Operasional

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berupaya selaras dengan masyarakat adat, terutama masyarakat di sekitar wilayah operasional. Salah satunya lewat komitmen kepatuhan Hak Asasi Manusia (HAM).

“MIND ID melihat HAM sebagai elemen dasar yang tidak dapat dipisahkan dari visi dan misi bisnis penambangan,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

Terkait hal tersebut, Grup MIND ID selalu mengedepankan komunikasi dan pendekatan sosial budaya. Selain itu, kontribusi sosial untuk masyarakat adat dalam bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya juga terus dioptimalkan.

Salah satu penghormatan terhadap hak-hak masyarakat itu terbukti melalui terjalinnya hubungan yang harmonis antara anggota masyarakat setempat dengan salah satu Anggota MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) Kalimantan Barat operasionalnya berdampingan dengan Suku Dayak, sedangkan Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Maluku Utara operasionalnya berdampingan dengan Suku Togutil.

Tujuan dibangunnya Kampung Budaya Togutil sekaligus untuk memperkuat keberlanjutan budaya Suku Togutil. Melalui program ini, Antam telah bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur, fasilitas pendidikan, dan pelestarian tradisi.

Keberadaan Kampung Budaya Togutil pun menjadi tempat yang berhasil menghidupkan warisan budaya Suku Togutil. Selain itu, hadirnya kampung budaya ini mampu memberikan kesempatan kepada masyarakat setempat untuk mempertahankan dan memperkaya identitas budaya mereka.

Sementara itu, di Kalimantan Barat, Antam juga mendukung potensi di sekitar area operasionalnya, khususnya di daerah Tayan. Sejak 2018, Antam menjadikan Danau Laet sebagai UMK Binaan.

Danau Laet yang memiliki luas sekitar 800 hektar ini terletak di Desa Subah, kecamatan Tayan Hilir, Pontianak, Kalimantan Barat. Tak hanya dikelilingi keindahan alam, danau ini juga memiliki 12 pulau yang terletak di bagian tengahnya.

Selain Antam, Anggota MIND ID lainnya juga terus menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat. PT Timah Tbk juga menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di area operasional Belinyu yang berdekatan dengan Suku Melayu-Orang Lom.

“Antam menyadari hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat merupakan salah satu kunci keberhasilan dan keberlanjutan jangka panjang,” pangkas Heri Yusuf.

Artikel Terkait

Back to top button