BERITA

Konsisten Pengelolaan Lingkungan Berkesinambungan, Indonesia Power Boyong Empat Proper Emas

Jakarta, Bumntrack.co.id – Indonesia Power (IP) kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memborong 4 (empat) trofi Proper Emas di ajang penghargaan tertinggi dalam kinerja pengelolaan lingkungan yaitu Proper 2021. Melalui 4 (empat) unitnya yaitu Bali Power Generation Unit (PGU), Kamojang Power Generation And O&M Services Unit (POMU), Grati Power Generation Unit (PGU) dan Priok Power Generation And O&M Services Unit (POMU), sukses hantarkan Indonesia Power menjadi yang tersubur di PLN Grup. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

“Raihan Proper Emas ini merupakan peringkat tertinggi dari penilaian proper serta sebagai bukti upaya berkelanjutan Indonesia Power dalam bidang lingkungan, efisiensi energi serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, artinya Perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambungan,” kata Direktur Utama Indonesia Power, M. Ahsin Sidqi sesaat setelah menerima penghargaan Proper Emas, Selasa (28/12).

Proper merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan merupakan program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tujuan dari program yang dikembangkan sejak 2002 ini yaitu untuk mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup sekaligus mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi.

Bali PGU yang telah 4 kali berturut-turut meraih proper emas sejak 2018 ini berkomitmen untuk terus menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali dalam mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat. Dengan tetap melestarikan budaya dan alam Bali melalui program pemberdayaan masyarakat, Indonesia Power Bali PGU mengusung tema Wirasa atau dalam bahasa Bali berartikan Keselarasan sebagai wujud berbuat untuk sesama dalam mewujudkan Bali Jagadhita.

Unit selanjutnya yaitu Kamojang POMU, setelah sebelumnya berhasil meraihnya di tahun 2019 dan 2020. Salah satu pembangkit Energi Baru terbarukan(EBT) yang dimiliki Indonesia Power ini sukses kembangkan program budidaya dan pengolahan kopi untuk mewujudkan program pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang mandiri. Sedangkan dari 2 (dua) unit lain yang sukses meraih Proper Emas di tahun 2021 yaitu Priok POMU yang mengusung semboyan “Priok Smart” serta Grati PGU dengan program Suropati (Sistem Terpadu Rantai Pengolahan Sampah Grati).

Selain anugerah 4 (empat) Proper Emas ini, 13 Unit Indonesia Power juga menerima penghargaan Proper Hijau dan 3 unit menerima Proper Biru. “Bagi Indonesia Power hal ini adalah suatu capaian yang membanggakan dan menunjukkan komitmen kuat untuk menjadi perusahaan energi terbaik yang tumbuh berkelanjutan dengan menyediakan solusi energi yang andal, inovatif, ramah lingkungan serta melampaui harapan pelanggan,” tambah Ahsin.

Artikel Terkait

Back to top button