BERITA

Kunjungi Korban Erupsi Semeru, Erick Thohir Minta BUMN Petakan Kebutuhan Masyarakat

Jakarta, Bumntrack.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan BUMN hadir dalam membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru. Dalam kunjungannya, Erick menyerahkan sejumlah bantuan berupa multivitamin, selimut, sarung, mukena, handuk, tikar, obat-obatan, susu balita, hingga minyak goreng.

“Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak erupsi,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (13/12).

Erick juga meminta BUMN memetakan kebutuhan lain yang juga diperlukan masyarakat. Pasalnya, masyarakat terdampak tentu masih amat membutuhkan berbagai bantuan dalam menghadapi dampak erupsi. “Kita minta BUMN segera memetakan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Jangan hanya untuk kebutuhan saat ini, tapi juga ke depannya,” ungkap Erick.

Pihaknya memastikan BUMN bakal berkolaborasi dengan Banser, BNPB, TNI dan Pemerintah Kabupaten dalam membangun fasilitas MCK dan 20 hunian sementara bagi para pengungsi. Kolaborasi dan gotong royong menjadi kunci utama dalam penanganan bencana. Satgas bencana BUMN akan bahu-membahu dengan berbagai pihak dalam penanganan dampak erupsi.

“Kita sudah meminta BUMN untuk mendata dan menyiapkan relokasi bagi warga terdampak erupsi,” kata Erick.

Satgas Bencana BUMN wilayah Jawa Timur telah mendirikan lima posko yang menampung 3.207 pengungsi dengan 138 relawan. “BUMN juga akan membangun MCK untuk para pengungsi,” ucap Erick.

Tak hanya itu, Erick meminta BUMN juga mempersiapkan kebutuhan masyarakat ke depan seperti pendidikan, beasiswa pendidikan dan alat tulis bagi anak-anak yatim piatu korban bencana tersebut.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan menjadi penyemangat ke depan,” ungkap Erick.

Artikel Terkait

Back to top button