BERITA

Lesson Learnt dan insight dari hasil penjurian BUMN Track Award 2019

Oleh: Priyantono Rudito, Ph.D (Juri BUMN Track Award 2019)

BUMN Track Award yang diselenggarakan pada tahun 2019 ini tidak saja menjadi ajang kompetisi dan awarding, tetapi juga merupakan event nasional yang memberikan kesempatan kepada pimpinan puncak BUMN dan jajaran nya untuk melakukan knowledge sharing atas Best practices pengelolaan korporasi secara professional. Dengan demikian BUMN Track Award 2019 telah bertransformasi menjadi Centre of Excellence Indonesia yang memberikan kesempatan kepada pesertanya untuk meningkatan wawasan, profesionalisme, leadership skill dan peluang untuk melakukan sinergi yang diperoleh dari sharing dan lesson learn selama proses penjurian.

Terdapat 3 hal yang mengindikasikan transformasi BUMN Track Award menjadi Centre of Excellence Indonesia:

  1. Peningkatan Quality of Strategic Thinking

Terjadi peningkatan quality of strategic thinking dari jajaran Top Management BUMN dalam memahami proses-proses utama di dalam Strategic Management untuk meningkatan value perusahaan secara sustainable. Dari interaksi dan dinamika diskusi antara peserta dan para juri yang berasal dari kalangan praktisi, akademisi dan experts di berbagai bidang, terlihat bahwa para pengelola BUMN memiliki pemahaman yang komprehensif dalam melakukan strategic planning, strategic alignment dan implementasi strategic initiatives dengan disiplin proses manajerial yang benar. Dengan fokus diskusi yang sebenar nya menitik beratkan pada Branding dan Marketing, para peserta tetap mampu menampilkan pemaparan dan cara berpikir yang komprehensif. Para peserta memahami dengan baik bahwa strategi branding dan marketing adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hirarki Strategic Management framework yang mengharuskan adanya linkage/keterkaitan yang utuh dari Functional level strategy, Business/Divisional level strategy dan Corporate level directional strategy.

  1. Inisiatif di Bidang Digital Transformation

Munculnya fenomena New Normal yang mendorong terjadinya Digital Disruption telah menjadi hyper awareness (kesadaran yang meluas) di kalangan peserta. Hal ini menjadi catatan positif sebagai hasil penting dari pelaksanaan penjurian BUMN Track Award 2019. Awereness atas terjadi ancaman disruption telah mendorong para pimpinan dan pengelola BUMN untuk mencanangkan Transformasi Digital di berbagai aspek penting di dalam rantai nilai (value chain) perusahaan. Hal ini memberikan optimisme yang tinggi atas keberlanjutan dan eksistensi BUMN di Era Digital ini. Dicanangkannya program-program transformasi digital tersebut menandai kesiapan BUMN untuk membangun kapabilitas digital yang adaptable dan agile untuk menghadapi disrupsi sekaligus mengkapitalisasi peluang usaha yang tercipta di era digital ini.

  1. Peran Millenials dalam pengolaan dan pengembangan BUMN

Peserta BUMN Track Award 2019 menyadari peran penting dari segmen karyawan millenials di berbagai sistem pengembangan dan struktur pengelolaan perusahaan. Karyawan BUMN yang berasal dari kalangan millenials telah diberikan penugasan dan tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan, pola piker (mindset) dan kompetensi mereka dalam mengelola dan mengembangkan portofolio perusahaan, khususnya, yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan inovasi-inovasi disruptif di dalam nya. Sebagai hasil dari inovasi yang dilakukan para millenials d BUMN, telah tercapai berbagai terobosan inovatif yang memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan BUMN bagi customernya, baik di bidang product development, supply chain, customer service, digital payment system maupun digital-human interfacing systems. Hal ini sekaligus memperkokoh kekuatan BUMN untuk menjadi pelopor sekaligus mesin pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Jakarta, 03 November 2019

Juri BUMN Track Award

Priyantono Rudito, PhD

Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close