BERITA

Libur Nataru, InJourney Siapkan Strategi Hotel, Airport hingga Tempat Wisata

Bumntrack.co.id. Jakarta – Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Kementerian BUMN bersama BUMN melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi lonjakan aktivitas masyarakat. Meningkatnya pergerakan masyarakat di akhir tahun umumnya turut berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan di banyak titik di Indonesia.

“Serupa libur lebaran kemarin, kami bersama Menteri Perhubungan terus menyiapkan hal-hal utama untuk lonjakan wisata di libur natal dan tahun baru. Istilahnya, best practise telah kami lakukan, kini tinggal terus memperbaiki hal-hal kecil, seperti kebersihan, kelancaran, dan ketertiban sehingga tidak terjadi penumpukan atau kerumunan. Hal itu yang perlu terus kita antisipasi. Jika infrastruktur, menurut saya, sudah siap dan lebih rapi,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Selasa (13/12/22).

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai BUMN Holding Pariwisata dan Pendukung telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengambil peluang di momen Nataru. Sebagaimana diketahui, InJourney kini membawahi PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Hotel Indonesia Natour, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT Sarinah dan PT Taman Wisata Candi BPRB.

“Khusus untuk Nataru ini, kita sudah mempersiapkan seluruh airport harus bersih, layanan harus baik, semua pejabat harus ada di airport. Kami mengontrol service, memberikan layanan yang terbaik sehingga semua orang yang akan bepergian itu dapat terlayani dengan baik. Kedua, persiapan di sisi destinasi. Sebagaimana juga diketahui InJourney juga baru, belum seluruhnya mengintegrasikan hotel-hotel yang berada di bawah BUMN. Hari ini kurang lebih sudah 35 hotel targetnya 103 hotel akan berada di bawah InJourney. Hotel-hotel ini juga kita sedang lakukan persiapan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu-tamu, baik itu service standard, operating standard, ke depan amenities nya juga akan kita lakukan perbaikan,” kata Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam acara Ngopi BUMN dengan topik Peluang Nataru untuk Peningkatan Bisnis BUMN Pariwisata di Jakarta, Senin (12/12).

Dony mencontohkan seperti di Bali, InJourney melakukan perbaikan hotel Grand Inna Bali Beach yang disiapkan menjadi hotel bintang 5 yang tidak kalah bahkan lebih bagus dari hotel swasta. Selain Grand Inna Bali Beach, InJourney juga akan mulai memperbaiki Grand Inna Malioboro menjadi hotel heritage bintang 5 yang akan menjadi kebanggaan BUMN dan Indonesia.

Terkait dengan perbaikan destinasi wisata, Dony juga menyebut InJourney telah melakukan berbagai upaya transformasi seperti transformasi Sarinah, perbaikan TMII (tahap 1), penataan Labuan Bajo, Candi Borobudur dan Prambanan, dan sebagainya untuk memberikan layanan terbaik bagi pengunjung dan mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia.

Dari sisi infrastruktur, BUMN turut berbenah mempersiapkan layanan terbaiknya di sisi darat dan laut. PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi jumlah kendaraan keluar wilayah Jabotabek pada H-7 Natal 2022 s.d H+3 Tahun Baru 2023 atau pada periode 18 Desember 2022 s.d 4 Januari 2023 adalah sebanyak 2,73 juta kendaraan, naik 8,4% dari volume lalu lintas normal, dengan prediksi puncak arus mudik yang terbagi dalam dua hari yaitu pada Jumat, 23 Desember 2022, untuk periode Natal dan Jumat, 30 Desember 2022, untuk periode Tahun Baru.

Artikel Terkait

Back to top button