Libur Nataru, Pelindo Lakukan Penebalan Personel dan Fasilitas

E-Magazine November - Desember 2024

Jakarta, BUMN TRACK – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan kelancaran arus penumpang dan pelayanan berjalan optimal di 63 terminal penumpang dan roro yang dikelola perseroan selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025).

Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto menyampaikan bahwa Pelindo memastikan layanan dan fasilitas yang diberikan berjalan dengan maksimal agar arus perpindahan penumpang antar terminal penumpang tetap berjalan lancar sesuai dengan arahan Kementerian BUMN di momentum Nataru 2024/2025.

“Untuk menghadapi arus Nataru tahun ini, kami pastikan arus angkutan laut Nataru berjalan optimal didukung dengan keberadaan Posko Angkutan Nataru Terpadu yang beroperasi 24 jam yang berfungsi sebagai pusat pengawasan, koordinasi dan informasi dalam memantau kondisi kenyamanan dan keselamatan penumpang,” kata Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto di Jakarta, Kamis (20/12/24).

Dalam menjaga lonjakan arus penumpang dan barang, Pelindo melakukan beberapa antisipasi jelang puncak arus Nataru 2024/2025, di antaranya penyiapan tenda dengan kursi tambahan, ketersediaan toilet portable, penambahan petugas operasional internal dan pengamanan dari TNI/Polri, peningkatan pemeriksaan barang bawaan penumpang serta memfasilitasi operator kapal untuk mempublikasikan tarif penumpang di terminal penumpang.

Pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas pendukung di Pelabuhan Ciwandan apabila diperlukan guna mengurai kepadatan antrian di Pelabuhan Merak-Bakauheni dalam melayani kapal selama periode Nataru ini yakni dermaga sepanjang 131 meter, buffer area parkir motor dengan kapasitas 2.000 unit dan parkir logistik berkapasitas 200 unit.

“Kami juga menyiapkan tambahan buffer area bekerja sama dengan Pelabuhan IKPP untuk mendukung kendaraan yang akan diintegrasikan menuju Pelabuhan Merak,” imbuh Putut.

Disamping itu, Pelindo terus melakukan optimasi digitalisasi pelayanan dengan menerapkan sistem autogate di 4 Regional untuk meningkatkan efisiensi dan memperlancar proses operasional. Penerapan sistem ini juga didukung dengan ketersediaan Information Center dan pemantauan aktivitas penumpang melalui Control Room guna memberikan keamanan dan kenyamanan.

Adapun pelabuhan dengan penumpang di periode Nataru terbanyak sepanjang 2 tahun terakhir yaitu Pelabuhan Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Perak, Makassar, Ambon dan Parepare.

Bagikan:

#BUMN Award #BBMA Award
#Anugerah BUMN 2024
#BTN Persaingan Usaha  #3000 KPR Prabowo #Talenta BSI. #Pengelolaan sampah BNI. #Akad Masal KPR BTN

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.