BERITA

Libur Nyepi dan Jelang Akhir Pekan, Okupansi Penumpang KA Jarak Jauh Masih di Bawah 50 Persen

Jakarta, Bumntrack.co.id – PT KAI Daop 1 Jakarta, mencatat bahwa libur nasional Nyepi yang jatuh pada hari Kamis (3/3) kondisi penumpang di Stasiun Gambir maupun Pasarsenen juga terpantau normal.

“Jelang libur pada Rabu (2/3) keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir tercatat sekitar 3.778 penumpang atau 42 persen untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 24 KA. Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen terdapat sekitar 4.983 penumpang atau 42% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA,” kata Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di Jakarta, Kamis (3/3/22).

Sementara untuk hari Kamis dan Sabtu dilihat dari data pemesanan tiket sementara juga terpantau normal dengan rata-rata keterisian TD sekitar 22 s.d 35 persen sehingga masih terdapat ketersediaan TD bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang KAJJ untuk memperhatikan kembali ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi. Adapun saat ini ketentuan dan persyaratan naik KA mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) nomor 97 tahun 2021.

“Ketentuannya antara lain penumpang usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama) kecuali penumpang yang belum dapat divaksin karena alasan medis wajib memiliki surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah/dokter spesialis untuk pengganti vaksin. Seluruh penumpang (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1×24 jam) atau RT-PCR (3×24 jam) dengan hasil negatif,” jelasnya.

Untuk layanan antigen di area Daop 1 Jakarta terdapat 6 lokasi yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek dengan tarif Rp35.000. “Kami senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA. Komitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung,” tutupnya.

Artikel Terkait

Back to top button