BERITA

Makanan Halal Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jakarta, Bumntrack.co.id – Sebagai dukungan terhadap Industri halal, PT Sucofindo (Persero) menyelenggarakan Talkshow dengan mengusung tema “Usaha Berkah dengan Sertifikasi Halal”. Talkshow ini merupakan kegiatan pembuka dalam rangkaian Festival Halal di bulan Ramadan yang dilaksanakan oleh Unit Halal PT SUCOFINDO (Persero)yang akan berlangsung mulai 14 April hingga 10 Mei 2021. Festival Halal ini akan menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan, seperti Jumat berkah yang dilakukan setiap Jumat, pelatihan Penyelia Halal bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Bedah Fatwa bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Bazar Ramadan bersama dengan IHLC.

“Sucofindo sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang telah terakreditasi oleh BPJPH dan telah sesuai prinsip syariah Dewan Halal MUI siap mendukung semua pihak untuk turut mengambil peran dalam pasar Industri Halal yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Layanan yang kami berikan berupa Sertifikasi Produk Halal, Sertifikasi Sistem Manajemen Halal SNI 99001, Pelatihan terkait Industri Halal seperti Sistem Jaminan Produk Halal, Penyelia Halal, Auditor Halal, Juru Sembeli Halal, hingga pelatihan dan edukasi serta sosialisasi bagi UMKM,” kata Direktur Komersial I Sucofindo, Herliana Dewi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (16/4).

Ketua IHLC, Sapta Nirwandar mengungkapkan, mengkonsumsi makanan halal merupakan salah satu lifestlye yang bagus untuk dilakukan di masa pandemi. Makanan halal akan membantu menjaga daya tahan tubuh karena lebih bersih dalam penyajiannya. “Ramadhan ini merupakan momentum yang baik untuk kita berhijrah ke gaya hidup yang berbasis Halal. Indonesia harus berinovasi untuk meningkatkan jumlah produk yang terjamin halalnya dan terpercaya agar memaksimalkan potensi pasar yang ada,” kata Sapta.

Berdasarkan data World Population Review, jumlah penduduk muslim di Tanah Air saat 2020 mencapai 229 juta jiwa atau 87,2 persen dari total penduduk 273,5 juta jiwa. Dengan adanya sertifikasi Halal tentunya makanan tersebut lebih terjamin untuk dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat muslim.

“Saya percaya bahwa No Pork dan No Lard itu tidak cukup menjamin bahwa makanan tersebut Halal. Kedepannya semoga UMKM akan lebih giat untuk memulai memikirkan agar kuliner yang kita sajikan terjamin halalnya dengan sertifikasi,” ungkap sang Food Vlogger, Yudho.

Kepala Unit Halal PT Sucofindo Adisam menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen mengoptimalkan pengembangan kualitas, baik dari sisi operasional serta SDM di seluruh unit layanan Sucofindo yang tersebar di seluruh Indonesia. Agenda Festival Halal ini akan membuka peluang lebar bagi pelaku usaha untuk berkomunikasi melalui layanan customer care yang akan mempermudah proses sertifikasi Halal.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat mendukung perkembangan terbentuknya Industri Halal di Indonesia dan menjamin setiap produk yang umat muslim pergunakan sehari-hari,” tutup Adisam.

(Reporter: Ihsan Luthfi)

Artikel Terkait

Back to top button