BERITA

Meski Dilanda Covid-19, Pelindo IV Prediksi Kinerja Perseroan Tumbuh 8,9 Persen

Jakarta, Bumntrack.co.id – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) optimistis kinerja Perseroan akan tumbuh 8,9 persen pada triwulan II 2020 dibandingkan posisi yang sama tahun lalu. Meskipun demikian, kondisi Indonesia di wilayah timur berbeda dengan di wilayah barat.

“Wilayah timur basisnya adalah komoditas dan konsumsi, tidak seperti di wilayah barat yang lebih banyak industri. Sehingga dua hal tersebut tetap bertahan walaupun pandemi Covid-19,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (11/5).

Menurutnya, pendapatan paling besar di wilayahnya adalah dari pelayanan bongkar muat barang dan hanya terdampak sedikit oleh mewabahnya Virus Corona, terutama di Sulawesi Selatan dan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Total arus peti kemas (throughput) di seluruh pelabuhan kelolaan Perseroan rata-rata mencapai 2,2 juta TEUs per tahun. Dari angka tersebut hanya sekitar 2 persen kegiatan ekspor, selebihnya bongkar muat domestik.

Sisi bisnis kegiatan ekspor Pelabuhan Makassar akan kembali menggeliat, jika pelabuhan-pelabuhan di beberapa negara tujuan seperti China, Jepang dan Korea sudah dibuka kembali pasca diberlakukannya lockdown. “Pada triwulan I tahun ini, kegiatan petikemas di Pelindo IV mengalami kenaikan 0,5 persen dibandingkan posisi yang sama tahun lalu. Semuanya untuk kegiatan logistik seperti konsumsi masyarakat, obat-obatan dan kebutuhan lainnya selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

Secara umum kegiatan bongkar muat di pelabuhan tidak terganggu, walaupun ada treatment khusus untuk pencegahan Covid-19 bagi kapal-kapal yang akan sandar. “Sebab kebutuhan logistik masyarakat tetap normal seperti biasa,” pungkasnya.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close