BERITA
Trending

MIND ID Grup Bidik Pendapatan Baru Lewat Pemanfaatan Mineral Sekunder

Jakarta, BUMN TRACK – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID bersama Anggota Holding proaktif mendorong pemanfaatan mineral sekunder sebagai upaya menambah sumber pendapatan di luar bisnis utama.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heru Yusuf mengatakan, berdasarkan penelitian, mineral sekunder atau mineral ikutan merupakan salah satu komiditas tambang yang lumrah tergali bersama mineral utama.

Dari hasil mineral sekunder tersebut, MIND ID bersama Anggota Holding memperkuat sisi pengkajian dan pengembangan sehingga mineral tambang tersebut dapat diteliti kegunaan serta pangsa pasarnya, termasuk sebagai bahan baku untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

“MIND ID terus berinovasi untuk menggali potensi bisnis baru melalui pengkajian dan pengembangan agar optimalisasi pendapatan dari seluruh komoditas tambang dapat maksimal,” kata Heri.

Salah satu inisiatif yang dijalankan MIND ID yaitu melalui PT Timah Tbk untuk melakukan optimasi mineral ikutan timah berjenis zircon. Mineral sekunder ini akan dimonetisasi sebesar lebih kurang 944 ton pada 2024.

Saat ini, PT Timah memiliki stok mineral sekunder yang diperoleh dari proses penambangan timah. Mineral ini akan diolah kembali untuk memenuhi spesifikasi minimum penjualan mineral zirkon.

Selain Timah, PT Aneka Tambang Tbk melalui unit Geomin menjalin kerja sama dengan Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi Kementerian ESDM.

Kerja sama ini akan dapat memberikan daerah prospek mineral logam yang baru, sehingga nantinya dapat menambah sumber daya/cadangan mineral logam khususnya emas, nikel, bauksit maupun komoditas logam lainnya.

Kegiatan ini juga tidak terlepas dari tujuan untuk mewujudkan nilai tambah bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional, dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat. “MIND ID terus berkomitmen untuk mengoptimalkan kegiatan hilirisasi mineral anggota grup perseroan demi kemajuan Indonesia,” ujar Heri.

Artikel Terkait

Back to top button