BERITACSR

Miniatur Pesawat Terbang Khomaidi Diapresiasi Menteri Erick Thohir

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif di Indonesia, Kementerian BUMN mendukung para kreator-kreator di Indonesia, seperti pembuat miniatur pesawat terbang Khomaidi.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membantu Khomaidi mengembangkan hasil kreativitasnya dalam membuat miniatur pesawat terbang Garuda Indonesia. Bantuan yang diberikan diantaranya adalah dukungan dana CSR sebesar Rp50 juta dari BRI yang dapat menjadi modal usaha bagi Khomaidi dan dukungan promosi dari Garuda Indonesia berupa kesiapan kanal GarudaShop untuk menjual miniatur tersebut.

“Apa yang dilakukan Gus Khomaidi ini luar biasa. Demi wujudkan kreativitasnya, ia tak peduli saat diragukan orang. Meski perlu waktu lama, ia terus mencoba hingga berhasil, dan kini banyak orang, termasuk saya sangat mengapresiasinya,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Selasa (15/2/22).

Menurutnya, BUMN sebagai agent of development serta pelayanan publik memberikan ruang terjadinya kolaborasi untuk bersama membangun ekosistem. Dengan demikian, para kreator-kreator seperti Khomaidi bisa semakin berkembang. “Saya punya mimpi Indonesia jadi negara yang ekonomi kreatifnya maju, dengan pop culture yang bisa menjadi andalan bagi perekonomian. Nilai tambah dari kreasi Khomaidi ini bisa memperkaya elemen pop culture khas Indonesia, dengan Garuda Indonesia sebagai lambang dari transportasi udara representatif bangsa kita,” terangnya.

“Kita harus berani bermimpi, tapi harus dikerjakan dalam keseharian. Saya berharap mimpinya Gus sudah jadi kenyataan, naik Garuda, melihat cockpit, bikin pesawat Garuda, Insya Allah usahanya makin maju,” ucap Erick.

Kegiatan ini diawali ketika Erick Thohir melihat video Khomaidi di media sosial yang inspiratif dimana dia membuat dan menerbangkan miniatur pesawat Garuda Indonesia. Erick menambahkan, hal ini merupakan gambaran bahwa orang Indonesia sejatinya sangat mendukung maskapai Garuda Indonesia. Hal inilah yang melatarbelakangi Erick, untuk mengajak Khomaidi merasakan naik pesawat Garuda Indonesia

“Jadi kami mengajak Gus untuk merasakan pesawat Garuda Indonesia. Ini adalah apresiasi dari kami, dan ini juga menggambarkan bahwa Garuda Indonesia sedang melakukan recover dari situasi saat ini,” ucap Erick.

Khomaidi sendiri mendapat inspirasi untuk membuat miniatur pesawat setelah belajar aeromodelling, yang ia tuangkan dalam bentuk miniatur pesawat Garuda Indonesia. “Ini suatu kebanggaan dan kehormatan buat saya, yang tidak akan terlupakan seumur hidup saya. Ke depan, kami akan produksi pesanan miniatur pesawat dan membuat komunitas aeromodelling di Madura,” kata Khomaidi.

Atas kreativitasnya ini, BRI memberikan dukungan berupa bantuan alat produksi yang diharapkan dapat menyemangati dan membantu Khomaidi dalam membuat miniatur pesawat yang lebih bagus.

Direktur Bisnis dan Wholesale BRI, Agus Noorsanto mengatakan bahwa dalam kesempatan ini BRI membantu untuk mengembangkan usaha dimana tahap pertama ini berupa CSR sebesar Rp50 juta. “Kedepan jika nilai usahanya berkembang, BRI siap memberikan pendanaan melalui pinjaman dengan bunga murah,” ujar Agus.

Sejalan dengan visi yang sama dalam menyediakan wadah kreativitas bagi generasi muda Indonesia, sebagai wujud kolaborasi dan sinergitas BUMN, Garuda Indonesia akan mendukung penjualan miniatur tersebut melalui platform GarudaShop, setelah produk miniatur tersebut telah siap dipasarkan.

“Ini merupakan wujud kontribusi dan dukungan kami sebagai National Flag Carrier untuk mendukung daya saing kreasi karya anak negeri yang tidak hanya dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia namun juga masyarakat dunia melalui kanal digital GarudaShop yang kami miliki,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Artikel Terkait

Back to top button