BERITA

Mulai 27 Desember, Bandara Soetta Buka Rapid Test Antigen Untuk Umum

Jakarta, Bumntrack.co.id – Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat ini mengoperasikan 8 Airport Health Center untuk melakukan tes COVID-19 baik itu rapid test antigen mau pun PCR test. Airport Health Center dioperasikan oleh mitra yang memiliki kompetensi yakni Kimia Farma dan Indofarma. Mulai Minggu 27 Desember, PT Angkasa Pura II membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk dapat melakukan tes COVID-19 untuk walk in service (24 jam) dan drive thru service (08.00 – 20.00) dengan biaya rapid test antigen (Rp200.000) dan PCR test (Rp800.000).

“Kapasitas per hari Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum adalah 600 – 700 orang untuk tes dengan walk in service, dan 150 orang untuk tes dengan drive thru tes,” kata Director of Commercial PT Angkasa Pura Solusi, Yundriati Erdani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (27/12).

Sebelumnya, seluruh Airport Health Center hanya dipergunakan untuk calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan. Mulai Minggu (27/12) khusus Airport Health Center di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk melakukan tes COVID-19.

PT Angkasa Pura II berharap Airport Health Center Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta yang membuka layanan untuk umum ini dapat mendukung semakin banyaknya pelaksanaan testing COVID-19 khususnya di wilayah sekitar bandara.

“Airport Health Center berupaya mendukung pelaksanaan tes COVID-19 bagi masyarakat umum di sekitar bandara. Di sisi lain, kami juga optimistis bahwa kebijakan ini tidak akan mengganggu pelaksanaan tes COVID-19 bagi calon penumpang pesawat,” tambahnya.

Apabila Airport Health Center di Terminal 1 membuka layanan bagi masyarakat umum, maka masih terdapat 6 titik Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta khusus bagi calon penumpang pesawat untuk melakukan tes COVID-19.

Untuk diketahui, angka testing Rapid antigen dan PCR dalam 7 hari mencapai 40.000 calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II melakukan distribusi pelaksanaan tes ke 8 titik layanan atau tidak terkonsentrasi hanya di titik-titik tertentu. Pendistribusian ini dapat dilakukan dengan adanya alternatif layanan yaitu pre-order service, drive thru service dan walk in service.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button