BERITA

Mulai Hari ini, Jalan ‘Tol Pertama di Kalimantan’ Dibuka Untuk Umum

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dua hari setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Samboja-Samarinda mulai hari ini dibuka untuk pengguna jalan. Untuk sementara waktu, jalan tol ini dioperasikan tanpa tarif sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Jalan tol pertama di Kalimantan ini akan dibuka untuk pengguna jalan dan masih dioperasikan tanpa tarif,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) S.T.H Saragi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (19/12).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, walaupun tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dan kecukupan saldonya sebelum memasuki gerbang tol (GT).

“Pengguna jalan wajib membawa uang elektronik karena walaupun dapat mengakses jalan tol tanpa tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tap uang elektronik di gerbang tol,” tambahnya.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda beroperasi dengan sistem transaksi tertutup, yaitu tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak). Untuk itu, Saragi menegaskan pentingnya penggunaan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

“Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit). Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima,” jelasnya.

Dengan dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Samboja-Samarinda sepanjang 58,7 Km ini, pengguna jalan dapat mengakses jalan tol melalui dua GT yaitu GT Samboja dan GT Palaran.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close