BERITA

Pasang Gelagar Jembatan Proyek Japek Selatan, Jasa Marga Rekayasa Pengaturan Lalu Lintas

Bumntrack.co.id. Jakarta – Dampak pekerjaan pemasangan gelagar jembatan (erection girder) proyek Jalan Tol Japek II Selatan, yang berlokasi di Ramp 3, tepatnya Km 75+920 Simpang Susun Sadang Ruas Tol Cipularang, Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola Ruas Tol Cipularang atas diskresi Kepolisian akan melaksanakan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan.

“Pekerjaan pemasangan gelegar jembatan milik PT Jasamarga Japek Selatan pada Ramp 3 sebanyak empat gelagar ini, masing-masing gelagar memiliki panjang bentang 49,8 meter dan akan dilaksanakan tanggal 30 September 2022 pada periode window time (pukul 23.00 – 04.00 WIB), dengan sebelumnya diawali persiapan teknis mulai tanggal 29 September 2022 pukul 22.00 WIB,” kata Pimpinan Proyek Paket 3 Jalan Tol Japek II Selatan Shibgatullah Mahmuda di Jakarta, Kamis (29/9/22).

Menurutnya, keamanan dan keselamatan menjadi prioritas dalam pekerjaan pemasangan girder ini, oleh karena itu Jasamarga Metropolitan Tollroad pengelola Jalan Tol Cipularang dan PT JJS selaku pengelola Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan, bekerjasama dengan Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Pengaturan lalu lintas yang akan dilakukan berupa kendaraan yang menuju ke arah Jakarta maupun ke arah Bandung dialihkan melewati lajur detour yang telah disediakan. Sementara untuk kendaraan dari Bandung menuju Gerbang Tol (GT) Sadang, akan dialihkan ke GT Jatiluhur dan GT Cikopo.

Pengalihan lalu lintas hanya diberlakukan saat pemasangan girder pada Ramp 3 Km 75+920 Ruas Tol Cipularang, dengan rincian titik awal pengalihan lalu lintas sebagai berikut:

• Arah Bandung dimulai dari Km 75+600, sampai dengan Km 76+100,
• Arah Jakarta dimulai pada Km 77+025 sampai dengan Km 75+100.

Jasa Marga dan PT JJS memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya.

Nantinya bila sudah beroperasi penuh, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan diharapkan dapat menjadi alternatif perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi Selatan. “Jalan Tol Japek II Selatan jika sudah beroperasi penuh merupakan jalur alternatif dari Jakarta menuju Cikampek lintas Selatan, untuk membagi beban lalu lintas pada Ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting,” ujar Shibgatullah.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga nantinya akan terhubung dengan Ruas Tol JORR I, Ruas Tol JORR II dan Ruas Tol Cipularang.

Artikel Terkait

Back to top button