Klik Banner Workshop BUMN Series
BERITA

Paska Kebakaran, Booster Station KM 77 Pertagas Banyuasin Kembali Beroperasi

Bumntrack.co.id. Jakarta – Bagian dari Subholding Gas Pertamina, Pertagas berhasil mengatasi kebakaran yang terjadi di Booster Station KM 77 Banyuasin, Sumatera Selatan yang terjadi pada Minggu (16/04/23). Kebakaran yang terjadi di area slop tank pada pukul 15.27 WIB itu berhasil dipadamkan pada pukul 16.24 WIB atas respon cepat dari tim Pertagas yang bertugas di lokasi.

“Kami telah melakukan proses mitigasi hsse untuk pemadaman dan pengamanan yang terjadi pada tangki penampungan (slop tank) di area Booster Station KM 77 Banyuasin,” kata Manager Communcation, Relations & CSR Pertagas, Imam Rismanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (17/4/23).

Menurutnya, api berhasil dipadamkan menggunakan fire pump, foam chamber dan fire truck yang tersedia di lokasi. Reaksi cepat seluruh unit yang bertugas saat kejadian sebagai tanda dari kesiagaan dan profesionalisme perwira Pertagas. Seluruh unit dan fasilitas yang digunakan untuk pemadaman juga bekerja dengan baik, seperti seharusnya.

Tidak ada korban luka maupun korban jiwa saat kebakaran terjadi. Saat ini, Pertagas berfokus untuk memulihkan fasilitas operasi paska kejadian. “Slope tank yang terbakar merupakan storage untuk menampung minyak sisa operasional dan bukan merupakan storage penyaluran. Selain itu, Booster Station KM 77 ini merupakan stasiun pengumpul sehingga tidak berdampak signifikan terhadap proses penyaluran minyak mentah ke konsumen,” ujar Imam.

Usai insiden tersebut pada Minggu malam (16/04/23), Pertagas sudah kembali mengoperasikan Booster Station KM 77. “Setelah dilakukan pengecekan dan melewati berbagai tahapan safety, pompa kami aktivasi kembali sehingga penyaluran minyak ke konsumen dapat kembali ke kondisi normal,” tutup Imam.

Pertagas mengoperasikan ruas pipa Tempino-Plaju berdiameter 8 inchi sepanjang 262 KM untuk mengalirkan minyak bumi ke berbagai konsumsen di Sumatera Selatan. Sepanjang triwulan I 2023, Pertagas telah berhasil mengalirkan minyak bumi sebesar 15.717 BOPD.

Artikel Terkait

Back to top button