BERITA

Pastikan HUT ke-79 RI Lancar, Menteri BUMN Cek Progres BUMN Karya di IKN

Menteri BUMN Tinjau IKN (Foto: KBUMN)

Jakarta, BUMN TRACK – Menteri BUMN, Erick Thohir memastikan BUMN memenuhi fasilitas penunjang pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke- 79 pada 17 Agustus di Ibukota Negara Nusantara (IKN) berjalan sesuai rencana. Dirinya menginginkan acara kenegaraan perdana di IKN akan berlangsung lancar.

“Dengan waktu sekitar sebulan, kami bisa menuntaskan arahan Presiden Jokowi agar lapangan upacara dan Istana Negara bisa selesai sesuai waktu. Insyaa allah, HUT kemerdekaan perdana di IKN ini akan membanggakan bangsa Indonesia karena akan dihadiri para tamu dari dalam dan luar negeri,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta, Senin (1/7/24).

Saat ini Proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara yang dibangun secara KSO oleh PT PP dan Wijaya Karya telah berprogres hingga 77,9% , atau di atas target sebelumnya 73%. Fasilitas yang telah terbangun diantaranya area plaza tamu agung, lapangan upacara, area lobby dan area kolom 34 pilar.

Untuk area interior terlihat ruang kredensial, ruang bendera pusaka dan ruang kegiatan resmi yang sudah hampir siap digunakan saat kegiatan acara Upacara Bendera yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2024 menyambut tamu dalam negeri dan internasional.

Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad menyebutkan, perseroan akan menyelesaikan proyek-proyek yang telah di amanahkan di IKN, terutama proyek Lapangan Upacara dan Istana Negara akan selesai dan siap digunakan untuk upacara hari kemerdekaan. Dalam penyelesaian proyek-proyek, PT PP berkomitmen selalu mengedepankan safety dan kualitas pekerjaan.

Sedangkan keberadaan BUMN Karya lainnya yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk. juga bertanggung jawab dalam pembangunan Gedung Sekretaris Presiden yang telah mencapai 91,12 persen, Kementerian Koordinator 3 yang meliputi bidang politik dan keamanan (80,14%), serta Kementerian Koordinator 4 yang mencakup bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (85,22%).

Direktur Utama PT Waskita Karya, Muhammad Hanugroho yang biasa disebut Oho memastikan Proyek Gedung Sekretariat Presiden, Kemenko 3 dan 4 akan selesai di tahun 2024 dan berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan Infrastruktur di Indonesia.

Artikel Terkait

Back to top button