BERITA

Pegadaian dan Pemkab Tulungagung Luncurkan Program The Gade Integrated Farming

BUMN Track.co.id. Jakarta – PT Pegadaian bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, meresmikan Rumah Produksi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkah Abadi binaan Pegadaian, sekaligus meluncurkan program The Gade Integrated Farming di Desa Sendang, Kecamatan Sendang, Kab. Tulungagung pada Selasa (27/16). Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pegadaian kali ini, bertujuan untuk membantu para petani maupun peternak dalam mengembangkan usahanya mulai dari hulu hingga hilir.

Peresmian Rumah Produksi KUBE Berkah Abadi dan peluncuran program The Gade Integrated Farming, ditandai dengan melakukan scan telapak tangan dan pemutaran video, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah dan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

“Program ini akan membantu para petani untuk menciptakan sistem pertanian secara terpadu, dengan memanfaatkan keterkaitan sebagai sektor agrikultur yang dapat mendukung produktivitas lahan, peningkatan ekonomi dan konservasi sumber daya alam,” kata Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (28/6/23).

Pihaknya berharap program The Gade Integrated Farming ini dapat dimanfaatkan dengan optimal, sehingga dapat membawa kebermanfaatan yang positif bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha baik di sektor pertanian, peternakan, perikanan maupun perkebunan.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pegadaian yang telah memilih Tulungagung untuk memberi pendampingan bagi para pelaku usaha melalui program The Gade Integrated Farming di Rumah Produksi KUBE Berkah Abadi ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PT Pegadaian karena telah bersedia memberikan pendampingan dan fasilitas untuk pengembangan kelompok usaha tani dan kelompok lainnya untuk berkembang dan berdaya saing dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk membawa kebermanfaatan untuk keberlanjutan hidup orang banyak,” jelas Maryoto.

Senada dengan Maryoto, Ketua KUBE Berkah Abadi, Suprianto menyampaikan rasa terima kasih atas ilmu serta pendampingan yang telah dilakukan oleh PT Pegadaian.

“Saat ini kami sudah dibekali untuk ilmu bertani yang sangat bermanfaat. Semoga Kelompok Berkah Abadi bisa menjadi percontohan atau mentor kepada kelompok lain, sehingga kami bisa berbagi ilmu, berbagi manfaat kepada sesama petani, peternak maupun masyarakat di sekitar kami,” ungkap Imam.

Hingga saat ini, program The Gade Integrated Farming tersebar di 8 kota antara lain Madiun, Tulungagung, Depok, Bogor, Bekasi, Kulonprogo, Bantul dan Magelang.

Artikel Terkait

Back to top button