BERITA

Pemkab Kalbar-Kementerian BUMN Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Bumntrack.co.id. Jakarta – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) bersinergi dengan Kementerian BUMN melaksanakan kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat di Pontianak. Acara ini bertemakan #CorakCorakKalbar “Membangun UMKM Kalbar Go Global”. Secara resmi kick off rangkaian kegiatan Gernas BBI Kalbar ini dibuka oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji yang didahului dengan sambutan dari Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN.

Pemerintah khususnya bersama BUMN berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM berbasis digital, memperluas akses pembiayaan UMKM dari hulu ke hilir, melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan UMKM.

“Kementerian BUMN bersama BUMN terus konsisten dalam upaya menumbuhkembangkan UMKM. Melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholders, diyakini dapat mengakselerasi program dan kebijakan pengembangan UMKM dengan hasil yang lebih optimal. Seperti halnya inisiatif Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini yang menunjukkan satu semangat Bersama untuk kemajuan UMKM Indonesia,” kata Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (16/9/22).

Melalui Gernas BBI #CorakCorakKalbar diharapkan dapat memulihkan ekonomi masyarakat termasuk UMKM, dan meningkatkan kecintaan pada produk-produk dalam negeri. Gubernur Kalbar juga menambahkan bahwa melalui peningkatan kesejahteraan UMKM dapat meningkatkan pemerataan ekonomi di Indonesia, mengingat porsi terbesar pelaku bisnis di Indonesia adalah kelompok UMKM.

Direktur Enterprise & Commercial Banking, BNI, Muhammad Iqbal mengapresiasi Pemprov Kalbar dan Kementrian BUMN yang memberikan kesempatan bagi BNI untuk ikut serta dalam gelaran UMKM bergengsi ini. “Sebagai agen pembangunan, tentunya kami akan selalu proaktif mencari peluang untuk dapat membantu pelaku UMKM tidak hanya bangkit, tetapi juga naik kelas. Bahkan, dengan kompetensi dan jaringan BNI sebagai bank global, kami berharap UMKM lokal mampu bersaing secara global dan menembus ekspor,” imbuhnya.

Artikel Terkait

Back to top button