BERITA

Penumpang Meningkat, Ini Upaya Petugas KAI Commuter Maksimalkan Jaga Jarak di Stasiun dan di Dalam KRL

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang, Petugas KAI Commuter di stasiun dan KRL terus memaksimalkan upaya penegakan protokol kesehatan (Prokes). Penerapan prokes tersebut terutama menjaga jarak aman diantara pengguna KRL. Selain sistem penyekatan pengguna pada jam-jam sibuk, fasilitas layanan penunjang di stasiun juga ditambah.

“Sebagaimana berlaku di stasiun-stasiun lainnya pada masa pandemi Covid-19 ini, KAI Commuter membatasi jumlah pengguna yang dapat naik di dalam satu kereta. Pembatasan ini mengikuti aturan dari pemerintah yaitu 74 orang tiap kereta. Untuk menjaga agar jumlah pengguna tidak melewati batasan tersebut, stasiun yang berpotensi ramai dilakukan penyekatan pengguna terutama pada jam-jam sibuk pagi hari,” kata VP Corsec KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Senin (29/3).

Guna memaksimalkan upaya ini, sebagai contoh mulai Sabtu (27/3) lalu telah berdiri canopy di area luar Hall Stasiun Tambun. Canopy seluas 250 m2 ini melindungi pengguna yang mengantre dari cuaca panas maupun hujan. Selain dibangun di Stasiun Tambun, KAI Commuter sepanjang tahun ini juga membangun canopy serupa di Stasiun Bojonggede (304,7 m2 di sisi utara dan 137,5 m2 di sisi selatan), Citayam (42,27 m2), Depok (197,78 m2 di area parkir dan 20,42 m2 di selasar), Depok Baru (168 m2), Duren Kalibata (168.43 m2), dan Rangkasbitung (127, 8 m2 di dua area).

Pada awal pekan Senin (29/3) hingga pukul 09.00 WIB tercatat pengguna KRL di seluruh stasiun sebanyak 144.730 orang atau bertambah sekitar 9% dibanding Senin (22/3) pekan lalu di waktu yang sama yaitu mencapai 132.510 orang.

“Di Stasiun Bogor misalnya, petugas melakukan penyekatan antrean mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Para pengguna dengan tertib mengikuti arahan petugas di lapangan. Seperti pagi ini, hingga pukul 09.00 WIB di Stasiun Bogor tercatat pengguna ada 8.552 orang atau bertambah 2 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu,” terangnya.

Stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Bekasi (7.334 pengguna, naik 10% dibanding pekan lalu di waktu yang sama), Stasiun Depok (5.805 pengguna, naik 2%). Sementara itu stasiun yang mencatat penurunan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam (10.714 pengguna, turun 4%) dan Stasiun Tangerang (4.883 pengguna, turun 4%).

“Agar terhindar dari antrean, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi KRL Access yang menyediakan fitur info kepadatan stasiun, posisi terkini KRL, jadwal KRL serta informasi terkini dari media sosial KAI Commuter. Para pengguna dapat mengakses aplikasi ini untuk merencanakan perjalanannya sebelum berangkat ke stasiun. Selain menjaga jarak, KAI Commuter juga mengajak para pengguna untuk menerapkan protokol kesehatan lainnya yaitu memakai masker dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik KRL,” tutupnya.

Show More

Artikel Terkait

Back to top button