BERITA

Pererat Ekonomi-Budaya Indonesia-Korea, IKFA Resmikan Rumah Persahabatan dan Teken MoU dengan BUMN Track

Jakarta, Bumntrack.co.id – Dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Korea, Bravass sebuah Creative Space di Jakarta Selatan mengadakan acara Gathering Indonesia Korea Friendship Assosiation (IKFA) atau Perkumpulan Persahabatan Indonesia Korea. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Duta Besar Korea untuk Indonesia, pengurus IFKA, sejumlah CEO dari berbagai perusahaan Korea dan Indonesia dengan peserta sekitar 100 orang.

“IKFA membuat satu rumah persahabatan untuk orang Indonesia dan Korea yang bisa digunakan untuk diskusi, seminar dan kegiatan budaya antara Indonesia dengan Korea. Konsepnya yaitu working space yaitu ketika barangkali ada perusahaan Korea yang masih belum punya kantor di Indonesia, bisa menggunakan tempat ini sebagai kantornya,” kata Ketua Umum IKFA, Adhi Wargono di Jakarta, Jumat (11/10).

Selain itu, lanjutnya, tempat ini diharapkan menjadi sebuah wadah ketika ada perusahaan Indonesia-Korea yang bermasalah dalam bidang hukum, IKFA bisa turut membantu. IKFA berharap bisa menjadi bagian dari solution provider dalam rangka kerjasama perusahaan Korea dengan Indonesia, baik dari sisi perbankan, bisnis, maupun keuangan.

“Salah satunya kerjasama yang dilakukan yaitu melakukan MoU dengan BUMN Track. Kita bisa dibantu untuk menghubungkan antara perusahaan BUMN di Indonesia dengan perusahaan Korea. Kita akan lakukan lagi bisnis matching antara perusahaan BUMN dengan perusahaan Korea,” terangnya.

Usai penandatanganan kerjasama BUMN Track dengan IKFA, CEO BUMN Track SH Sutarto berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama bisnis antar Indonesia dan Korea. “MoU BUMN Track dengan IKFA diharapkan lebih meningkatkan hubungan kerjasama bisnis dengan mempertemukan pengusaha Korea yang ingin mencari mitra strategis dengan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN, begitu juga sebaliknya,” kata CEO BUMN Track, SH Sutarto.

Mou IKFA dengan BUMN Track diwakili Ketua Umum IKFA, Adhi Wargono dan CEO BUMN Track, SH Sutarto

Selain menandatangani Mou dengan BUMN Track, IKFA juga memberikan trophy untuk tokoh yang berpengaruh didalam hubungan antar kedua negara yaitu Prof.Dr.Rokhmin Dahuri selaku Duta Besar Kehormatan Kota Busan dan Jeju Island sebagai tokoh Bapak Persahabatan.

Dalam sambutannya, Prof. Rokhmin Dahuri memberikan apresiasi kepada IKFA dalam upaya menjaga persahabatan kedua negara melalui berbagai kerjasama baik ekonomi, politik, pendidikan maupun budaya.

“Persahabatan Indonesia-Korea sejalan dengan prinsip saling mendukung kemajuan kedua negara. Hal itu ditandai oleh kerjasama dan jalinan kolaborasi budaya bangsa saat ini menjadi bukti peran IKFA dalam menjaga hubungan baik kedua negara,” kata Rokhmin Dahuri, mantan menteri kelautan dan perikanan.

IKFA berasalan penganugerahan kepada Rokhmin karena peran dan kontribusinya yang signifikan dalam mengembangkan kerjasama Indonesia-Korea di berbagai bidang seperti pendidikan, IPTEK, Maritim dan Perikanan, Pariwisata, Investasi, Perdagangan, dan Kebudayaan. Prof. Rokhmin Dahuri juga diangkat sebagai Honorary Ambassador Jeju Islands dan Busan Metropolitan City sejak 2012 dan 2018. Sementara di tahun 2017 Prof. Rokhmin diangkat sebagai Profesor Kehormatan di Mokpo National University, Korea di bidang Sustainable Maritime Development.

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close