BERITA
Trending

Peringati Bulan K3N 2024, Grup MIND ID Perkokoh Budaya Keselamatan Kerja


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hal yang wajib diterapkan seluruh perusahaan dalam menjalankan aktivitas operasionalnya. BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia,  berkomitmen untuk terus mengokohkan budaya keselamatan kerja di seluruh anggota grupnya.
.
Dalam pelaksanaannya, Anggota MIND ID yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum dan PT Timah Tbk, melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengendalian risiko, pemantauan risiko, pengukuran risiko, dan pencatatan atau pengukuran profil risiko atas setiap bahaya yang terjadi.

Adapun Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) digelar anggota Grup MIND ID sebagai upaya untuk memperkuat budaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.

Sekretaris MIND ID, Heri Yusuf mengatakan menanamkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja senantiasa menjadi prioritas Grup MIND ID. .

“Merawat budaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja menjadi utama karena akan berdampak pada peningkatan produktivitas yang berujung pada meningkatnya pula daya saing,” kata Heri. 

Anggota Grup MIND ID PT Freeport Indonesia (PTFI) memulai Bulan K3N pada Jumat, 12 Januari 2024. Pelaksanaan upacara K3N 2024 dilaksanakan di Pabrik Pengolahan Konsentrat SAG #3, Mile Post 74, dan secara serentak diikuti seluruh keluarga besar PTFI di area Grasberg, MP 68, Kuala Kencana, GCSP Office, dan Portsite melalui meeting daring dan Freeport Broadcasting Channel.

BK3N 2024 yang dilaksanakan PTFI mengusung moto “keselamatan dimulai dari saya.” Moto ini memiliki filosofi makna pentingnya bagi seluruh pekerja untuk bisa meluangkan waktu dalam mengidentifikasi bahaya dan mengambil langkah tepat untuk melindungi diri sendiri, rekan kerja, keluarga, dan teman.

Adapun tema yang diusung PTFI dalam memperingati Bulan K3N 2024 yakni “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.” Kegiatan peringatan tersebut akan berlangsung hingga 9 Maret 2024 dimeriahkan dengan berbagai acara menarik baik secara daring ataupun luring.

“Masing-masing dari kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan tempat kerja yang aman dan sehat demi kesejahteraan Anda sendiri dan rekan kerja Anda,” kata Executive Vice President-Site Operations and Technical Mine Manager PFI, Carl Tauran.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Bukit Asam Tbk., (PTBA) juga melaksanakan upacara peringatan Bulan K3N 2024 pada Jumat, 12 Januari 2024. Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail langsung turun tangan menjadi pembina upacara.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama PTBA juga menggelar kegiatan-kegiatan lainnya seperti donor darah dan acara seru lainnya yang bakal berlangsung sampai 23 Februari 2024 mendatang.

Sementara itu, anggota Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk., (Antam) juga memperingati Bulan K3N dengan mengusung tema “Budayakan K3 Guna Sehat dan Selamat dalam Bekerja yang berlangsung pada 12 Januari sampai 12 Februari 2024.

“Peringatan Bulan K3 ini menjadi momentum berharga untuk merefleksikan pentingnya penerapan K3 dalam setiap aspek kehidupan kitan. Keselamatan dan kesehatan kerja menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman,” katanya.

Artikel Terkait

Back to top button